Pengertian Geografi

Geografi bagi sebagian orang mungkin sebatas mata pelajaran yang hanya membahas tentang Bumi.

Namun apakah kamu tahu bahwa geografi memiliki pengertian yang lebih luas?

Secara etimologi, geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang artinya Bumi dan graphein yang berarti tulisan atau menjalaskan. Penggabungan dua kata tersebut kemudian menjadi ‘geography‘.

Secara umum, geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan Bumi.

Kamu juga perlu tahu bahwa terdapat banyak ahli yang berpendapat mengenai pengertian geografi. Nah berikut ini adalah penjelasannya.


Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

unsplash.com

1. Eratosthenes (abad ke-1)

Geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka Bumi.

2. Ikatan Geografi Indonesia (IGI) (1988)

Berdasarkan hasil seminar dan lokakarya di kota Semarang pada tahun 1988, Ikatan Geografi Indonesia atau IGI berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

3. Prof. Bintarto (1981)

Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

4. Von Rithoffen

Geografi adalah studi tentang gejala, dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala, dan sifat tersebut.

5. I Made Sandy

Geografi adalah ilmu yang berusaha mengemukakan, menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi, geografi melihat segala sesuatu dalam kaitannya dengan ruang. Penekanan utama bukanlah pada substansi tetapi pada sudut pandang keruangan.

6. William Hughes

Geografi adalah ilmu, suatu hal yang tidak nama belaka tapi argumen dan alasan, sebab dan akibat.

7. Ullman (1954)

Geografi adalah interaksi antar ruang. Pengertian yang singat namun cukup menyatakan bahwa yang dinamakan geografi ini berhubungan dengan ruang di permukaan bumi.

8. Lobeck (1939)

Geografi adalah studi atau ilmu pengetahuan yang membahas tentang hubungan- hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

9. John Hanrath

Geografi adalah pengetahuan yang menyelidiki persebaran gejala-gejala fisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi, sebab akibat dan gejala menurut ukuran nilai, motif yang hasilnya dapat dibandingkan.

10. Karl Ritter

Geografi merupakan suatu telaah tentang Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan bumi, baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

11. Claudius Ptolemaeus

Dalam bukunya yang berjudul Geograpike Unphegesis mengemukakan bahwa geografi merupakan suatu penyajian melalui peta dari sebagian wilayah permukaan bumi yang menunjukkan ketampakan secara umum.

Menurut Ptolemaeus geografi berbeda dengan Chorografi, karena chorografi lebih mengutamakan ketampakan asli dari suatu wilayah bukan terletak pada ukurannya (bersifat kualitatif), sedangkan geografi lebih mengutamakan hal-hal yang bersifat kuantitatif. Sumbangan Ptolemaeus yang sangat berharga bagi perkembangan ilmu geografi yaitu dalam bidang pemetaan (kartografi). Selain itu Ptoleumaeus dianggap sebagai peletak dasar ilmu geografi.

14. Alexander von Humboldt

Geografi identik atau serupa dengan geografi fisik. Ia menjelaskan bagaimana kaitan Bumi dengan Matahari dan perilaku Bumi dalam ruang angkasa, gejala cuaca dan iklim di dunia, tipe-tipe permukaan bumi dan proses terjadinya, serta hal-hal yang berkaitan dengan hidrosfer dan biosfer.

15. Daldjoeni

Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawi di muka bumi.


Demikian adalah pembahasan mengenai pengertian geografi baik secara umum maupun menurut para ahli.

Semoga informasi yang diberikan di atas dapat memberikan manfaat. 😊


Materi Pengetahuan Dasar Geografi

Secara umum, geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan Bumi, tapi gak hanya itu pengertiannya.
Pelajari

Sudah banyak ahli yang mengemukakan mengenai objek kajian geografi, akan tetapi semuanya memiliki perbedaan. Namun, apabila kita urutkan lagi maka akan terlihat bahwa objek geografi ini memiliki dua jenis yaitu, objek material dan objek formal.
Pelajari

Secara umum konsep ini adalah konsep yang digunakan untuk memahami dan mempelajari fenomena perubahan alam dan aspek sosial. Terdapat 10 konsep esensial geografi yang harus kamu ketahui.
Pelajari

Seperti yang kita ketahui bahwa geografi merupakan salah satu ilmu yang pembahasannya sangat luas. Sehingga dibutuhkan prinsip-prinsip yang meliputi beberapa aspek, seperti prinsip distribusi, prinsip interelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korologi.
Pelajari


Daftar Pustaka

Utoyo, Bambang. 2007. Geografi:Membuka Cakrawala Dunia untuk SMA dan MA Kelas X. Bandung: Setia Purna.

Khalid, Syaiful.2013, Pengantar Geografi-Pemahaman Paradigma Geografi Sejati, Gresik, UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Daldjoeni, 1982, Pengantar Geografi, Bandung, Penerbit Alumni.

Avatar
Titan Hermawan

Mahasiswa pendidikan ekonomi yang ahli mata pelajaran Geografi tingkat SMA dan pernah ditunjuk untuk mengikuti OSN Geografi

Update : 30 Juni 2020 - Published : 21 April 2020

       

Tinggalkan komentar