Keutamaan Sholat Subuh

Shalat subuh adalah salah satu shalat wajib yang mesti di jalankan oleh setiap muslim.

Ada banyak sekali faedah atau keutamaan shalat shubuh ini, Guru kita Ustadz Oemar mita Lc pernah menjelaskan, kenapa waktu subuh itu udarannya begitu segar dan menyejukan ?

Kata beliau, “Karena udara di waktu subuh itu belum tercampur dengan udara yang dihirup oleh orang orang munafik”

Masyaallah, selain itu ada banyak keutamaan lainnya dari waktu subuh ini berikut akan kami jelaskan betapa penting dan utamannya menjalankan shalat subuh itu.

1. Mendapat Jaminan dari Allah

Seorang muslim yang dapat menunaikan shalat subuh, apalagi berjamaah bagi yang laki laki, maka dia telah mendapat jaminan dari Allah Subhanahu wa ta’alla.

Jaminan apakah yang dimaksud ?

Jaminan lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala baik di dunia maupun di akherat.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda,

Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.”

HR. Muslim no. 163

2. Shalatnya di Saksikan oleh Para Malaikat

Orang yang menunaikan shalat subuh tepat waktu, maka segala perbuatannya di waktu itu disaksikan oleh para Malaikat.

Bahkan di salah satu ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat Lc Ma beliau menjelaskan bahwa,

Setiap hal, permintaan, doa apapun yang kita mintakan di waktu subuh, maka para malaikat tidak hanya menyaksikan saja melainkan meng Aamiinkan apa yang kita panjatkan, agar Allah mengabulkan segala doa doa kita, masyaallah.

Allah subhanahu wa ta alla berfirman :

وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

Qs. Al Isro’: 78

Hal diatas juga di jelaskan di dalam Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 3/250, Asy Syamilah.


3. Mendapat Perhatian Khusus dari Allah di Hari Kiamat

Ibnu Baththol rahimahullah menyampaikan bahwa, Orang orang yang senantiasa menjaga shalat subuhnya maka di hari kiamat nanti niscaya mereka akan mendapat Perhatian Khusus dari Allah subhanahu wa ta’alla.

Pendapat ini di jelaskan beliau karena mengambil dalil dari firman Allah didalam Qs. Al Isro : 78.

Selain itu, Nabi Shalallahu alaihi wa sallam menjelaskan bahwa,

Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).”

HR. Muslim no. 634

‘Azhim Abadi rahimahullah, menjelaskan bahwa yang dimaksud hadist diatas adalah shalat subuh dan juga shalat ashar, karena kemuliaan yang begitu besar dikedua waktu tersebut, yaitu waktu dimana orang orang sibuk atas urusan duniannya, tetapi disisi lain ada hamba hamba yang senantiasa memilih untuk mengejar ridho Allah dengan menjawab panggilanNya.


4. Penyabab Masuk Surga

Shalat adalah kunci untuk masuk ke surga, meskipun kita sedekah sekian Triliyun, Haji beratus ratus kali namun kita tidak menjalankan shalat 5 waktu maka niscaya tidak akan masuk kedalam surga.

Maka dari itu jagalah shalat kita, jagalah ibadah kita jangan sampai Kewajiban kita kepada Allah malah terlalaikan atas urusan dunia yang fana ini.

Dan diantara penyebab masuknya manusia kedalam surga yaitu adalah dengan menjalankan shalat subuh, nabi Shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.”

HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635

5. Dihitung seperti shalat 1 malam penuh

Setiap manusia yang berniat untuk menjalankan shalat malam tetapi karena mungkin lelah, capai akhirnnya tidak bisa bangun malam dan sampai waktu subuh, kemudian ia menjalankan shalat subuh maka kata Rasulullah ia telah shalat malam semalam suntuk.

Nabi Shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.”

HR. Muslim no. 656

6. Terhindar dari Sifat Munafik

Siapa itu orang munafik ? orang munafik itu adalah orang orang yang berpura pura mengimani ajaran islam tetapi sesungguhnya hati mereka memungkiri hal tersebut.

Bahkan Allah sebutkan didalam Al Qur’an bahwa orang munafik itu akan lebih dulu masuk neraka jahanam dibanding dengan orang kafir,

Allah Ta’alla berfirman :

وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلْمُنَٰفِقِينَ وَٱلْمُنَٰفِقَٰتِ وَٱلْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَا

“Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya…..”

Qs At Taubah : 68

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat ‘Isya’.

HR. Bukhari no. 657

Maka orang orang yang mampu menunaikan shalat subuh dengan tepat waktu apalagi berjamaah bagi yang laki laki, maka ia akan terhindar dari golongan golongan orang munafik.

Itulah setidaknnya beberapa keutamaan dari menjalankan shalat subuh secara tepat waktu.

Bahkan apabila kita dapat bangun di waktu sebelum subuh, yaitu waktu sahar dan beristigfar memohon ampun diwaktu tersebut, maka tidak ada dosa yang pasti akan diampuni oleh Allah subhanahu wa ta’alla.

Makannya ahli surga itu sedikit tidurnya, mereka senantiasa memanfaatkan waktu malamnnya untuk bermunajah kepada Allah.

Berkhalwat, berdua duaan dengan banyak beritigfar banyak memohon ampun kepada Allah, dan apabila kamu memiliki seorang teman yang dia senantiasa menjaga shalat malamnya, maka jaga dia.

Karena orang yang menjaga shalat malamnya, itu adalah ciri ciri penghuni surga yang sedang berjalan jalan dibumi, – Adi Hidayat.


Daftar Pustaka :

Rumaysho.com. (2016, 25 November). Khutbah Jum’at: Bagi yang mala shalat subuh diakses pada 27 Oktober 2020, dari https://rumaysho.com/14898-khutbah-jumat-bagi-yang-malas-shalat-shubuh.html

Rumaysho.com. (2013, 22 November). Keutamaan Shalat Subuh diakses pada 27 Oktober 2020, dari https://rumaysho.com/3778-keutamaan-shalat-shubuh-dan-ashar.html

Muslim.or.id. (2011, 8 November). Keutamaan Shalat Subuh diakses pada 27 Oktober 2020, dari https://muslim.or.id/7280-keutamaan-shalat-shubuh.html

Al-Bahjah TV. (2018, 9 September). Bab : Keutamaan Shalat Subuh dan Ashar Buya Yahya diakses pada 27 Oktober 2020, dari https://youtube.com/watch?v=GvXJYydOx-E

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Avatar
Riki Ramdhani

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Founder salah satu program kemanusiaan terbaik di Purwokerto, Musharaka Project.

Update : 27 Oktober 2020 - Published : 27 Oktober 2020