Dialog Interaktif

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti sering kamu terlibat dalam suatu percakapan, percakapan terjadi karena ada masalah yang dibahas.

Untuk bahasa dalam dialog atau percakapan harus disesuaikan dengan situasi.

Kalo situasi dialog resmi, menggunakan bahasa baku. Kalo situasi tidak resmi, menggunakan bahasa nonbaku.

Ingin tahu lebih jelas? Yuk simak seksama ulasan yang ada dibawah ini!


Pengertian Dialog Interaktif

Pengertian Dialog Interaktif

Apa sih, yang dimaksud dengan dialog interaktif itu? Jadi,

Dialog interaktif yaitu kegiatan berdiskusi yang membahas suatu topik yang sedang hangat diperbincangkan, menghadirkan orang yang ahli dalam topik tersebut menjadi narasumber.

Biasanya dialog interaktif dilakukan di televisi, radio, atau forum umum, dan melibatkan para pendengar buat menanggapi isi pembicaraan dialog yang sedang dibahas.


Ciri-Ciri Dialog Interaktif

Ciri-Ciri Dialog Interaktif

Berikut dibawah ini, ada beberapa ciri-ciri dari sebuah dialog interaktif, diantaranya yaitu:

  • Melibatkan banyak orang, gak dilakukan secara sendiri tapi banyak pelaku yang terlibat dari dialog tersebut baik langsung atau tidak langsung.
  • Ada tanya jawab antara pewawancara dengan narasumber.
  • Dialog dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung.
  • Ada percakapan yang melibatkan pendengar dan penanya.
  • Biasanya dialog interaktif ditayangkan langsung lewat televisi dan radio.

Fungsi dan Manfaat Dialog Interaktif

Fungsi dan Manfaat Dialog Interaktif

A. Fungsi Dialog Interaktif

Fungsi dilakukannya dialog interaktif yaitu untuk membahas suatu masalah dengan tujuan mendapatkan jalan keluar atau solusi dari masalah yang dibahas.

B. Manfaat Dialog Interaktif

Manfaat yang bisa kita dapat setelah ikut mendengarkan/terlibat dalam dialog interaktif yaitu kamu gak akan ketinggalan informasi terkini tentang berbagai hal atau masalah yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat.

Adapun hal yang mesti diperhatikan saat ikut menyimak dialog interaktif, berikut ini:

  • Tema Dialog : Kita harus tahu topik apa yang sedang dibahas.
  • Narasumber : Narasumber yang kita tahu harus memang benar-benar ahlinya.
  • Pendapat Narasumber : Kita harus memperhatikan pendapat narasumber, perhatikan apakah pendapat narasumber didukung fakta.
  • Kesimpulan Dialog : Hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut.

Kalo kamu ingin memberi komentar, kamu perlu memperhatikan:

  • Komentar yang diberikan bersifat objektif (tidak memihak)
  • Harus disertai fakta yang meyakinkan serta akurat
  • Berisi alasan yang logis.

Tujuan Dialog Interaktif

Tujuan Dialog Interaktif

Berikut ini, ada beberapa tujuan utama dari dialog interaktif yang harus kamu ketahui, diantaranya yaitu:

  • Wadah aspirasi antara pihak pelayaran yang ditujukan kepada pemerintah.
  • Pencarian solusi dari belum efektifnya pelaksanaan Undang-Undang Pelayaran 2008.
  • Meningkatkan motivasi kepada mahasiswa perkapalan tentang prospek industri perkapalan laut Indonesia.
  • Pemberian notulensi pada pemerintah agar lebih memperhatikan tentang pelaksanaan Undang- Undang.
  • Pelayaran di Indonesia.
  • Sarana peningkatan sinergisitas antara pihak galangan, perusahaan pelayaran, institusi pendidikan dan pemerintah.
  • Wadah berdialog secara langsung antara pihak galangan, pelayaran dan pemerintah dalam mencari solusi permasalahan industri perkapalan Indonesia.

Unsur-Unsur Dialog Interaktif

Unsur-Unsur Dialog Interaktif

Unsur-unsuri dialog interaktif biasanya dikenal dengan 5W+1H, berikut dibawah ini penjelasannya:

  • What : Apa yang sedang dibicarakan?
  • Who : Siapa yang terlibat dalam pembicaraan itu?
  • When : Kapan dialog tersebut dilaksanakan?
  • Where : Di mana dialog tersebut dilaksanakan?
  • Why : Mengapa dialog tersebut diadakan?
  • How : Bagaimana jalan dan hasil dialog tersebut?

Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Dialog Interaktif

Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Dialog Interaktif

Dibawah ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam dialog interaktif, diantaranya yaitu:

  • Tema Dialog : Kamu wajib mengetahui topik apa yang sedang dibahas.
  • Narasumber : Narasumber yang menyampaikan topik harus emang benar-benar ahlinya.
  • Pendapat Narasumber : Kamu wajib memperhatikan pendapat narasumber, perhatikan apakah pendapat narasumber berdasarkan data dan fakta aktual.
  • Kesimpulan Dialog : Merupakan hal-hal yang ada didalam dialog interaktif tersebut.

Contoh Dialog Interaktif

Contoh Dialog Interaktif

Penyiar : “Selamat malam, jumpalagi dengan saya Anwar Saepudin dalam dialog interaktif rusaknya fuel pamp. Setelah hadir di studio saya akan perkenalkan duu nara sumber Ibu Nuraini.”

Ibu Nuraini : Selamat malam pak Anwar Sapeudin dan para pendengar di rumah.

Penyiar : “Selamat malam!” Bu bagaimana kesalahan saat ini sehingga banyak fuel pump yang rusak!

Ibu Nuraini : Mingkin ada bahan atau alat yang rusak.

Penyiar : Apa saat ini masih dicari tahu kesalahannya!

Ibu Nuraini : Yah masih! Pertama dari minyak, apa minyaknya tercampur dengan air atau alat yang lain ada yang putus.

Penyiar : Terima kasih pada pendengar acara ini cukup sampai disini saja. Selamat malam!


Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian Dialog Interaktif beserta beberapa contohnya diatas.

Gimana? Mudah dipahami kan? Oiya, kalo ada kekurangan atau pertanyaan lainnya, langsung tulis aja dikolom komentar dibawah ini yak!

Semoga pembahasan diatas membantu dan bermanfaat buat kalian semua 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 1 Average: 5]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 10 Februari 2021 - Published : 10 Februari 2021