Contoh Teks Rekaman Percobaan

Sebenarnya apa sih, yang dimaksud dengan teks rekaman percobaan itu?

Teks rekaman percobaan adalah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis.

Biasanya, dipakai untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, pembuatan sesuatu, dan lain sebagainya.

Teks ini ditulis berdasarkan rekaman data, setelah pengamatan selesai melakukan percobaan atau penelitian.

Kegiatan penelitian tersebut, dipakai buat mendapatkan pengetahuan dalam bidang ilmu alam, sosial, atau psikologi.

Nah, dibawah ini ada beberapa contoh teks rekaman percobaan. Penasaran? Yuk langsung simak ulasannya!


 

 

Contoh Membuat Taplak Meja

Contoh Membuat Taplak Meja

1. Tujuan

Taplak meja biasa dipakai buat menghias meja dan banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang bisa dibilang lumayan.

Tetapi daripada mengeluarkan biaya yang gak sedikit, kamu sebenarnya bisa membuat taplak meja sederhana sendiri.

Tujuan dari pembuatan taplak meja ini agar kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas, jadi lebih bernilai dan bermanfaat.

 

2. Alat dan Bahan

Dibawah ini, ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan dalam membuat taplak meja, yaitu:

  • Kain perca 1,5m
  • Jarum dan Benang
  • Gunting, pensil, dan kertas
  • Jangka

 

3. Langkah-Langkah

Langkah-langkah dalam membuat taplak meja ini mudah sekali, yuk ikuti langkahnya dibawah ini:

  • Buatlah sketsa gambar pada kertas menggunakan jangka dengan diameter 8 cm, lalu gunting!
  • Lalu, tempelkan pada kain perca lalu jiplak polanya dan gunting kain perca, ulangi sampai 60 bulatan.
  • Kemudian, jahit pinggirannya lalu tarik dan tali, ulangi sampai 60 bulatan!
  • Setelah itu, rangkaikan bulatan satu dengan bulatan lain dan bentuk pola taplak meja!
  • Setelah membentuk pola yang kamu inginkan, jahit bulatan satu sama lain.
  • Selanjutnya setelah jadi membentuk taplak meja, rapikan jahitan.

 

4. Hasil

Dan, jadilah taplak meja kreasi tangan sendiri. Sekarang kamu bisa meletakkan taplak meja tersebut di meja ruang tamu atau ruang makan.

Kamu bisa juga mengembangkannya menjadi sebuah usaha yang menguntungkan!

 

5. Kesimpulan

Membuat taplak meja gak lah sesulit yang dibayangkan, tapi kamu harus telaten dan ulet.

Sehingga keterampilan akan terus terlatih, sekaligus kamu bisa menghemat biaya dan bisa menambah kreativitas.


 

 

Contoh Membuat Baterai dari Sabun

Contoh Membuat Baterai dari Sabun

1. Tujuan

Seperti yang kamu tahu baterai merupakan salah satu alat buat menyimpan energi secara sementara. Banyak alat yang membutuhkan baterai, contohnya mouse tanpa kabel, remote tv, dan lainnya.

Nah, ternyata ada kreasi yang unik yaitu baterai dari sabun yang bisa kamu buat dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Pembuatan baterai tersebut, nantinya bisa menambah kreativitas dan menambah wawasan kamu semua.

 

2. Alat dan Bahan

  • Sabun mandi (merk apapun)
  • Kawat tembaga
  • Aluminium dari kaleng minuman bersoda, bisa juga bekas plat nomor maupun panci
  • Lampu LED 1 buah
  • Gunting besi, pisau, dan kabel secukupnya.

 

3. Langkah-langkah

  • Potong aluminium dengan bentuk persegi panjang sebanyak 10 buah, dengan ukuran 0,5 X 10 cm.
  • Potong kawat tembaga sebanyak 10 buah dengan panjang sekitar 10 cm.
  • Potong sabun menjadi 10 buah dengan pisau.
  • Tancapkan potongan Aluminium dan kawat tembaga tadi pada potongan sabun berhadapan tanpa saling bersentuhan.
  • Hubungkan potongan kawat tembaga dengan potongan Aluminium sampai semua potongan tadi saling terhubung, ujung susunan 10 sabun tadi diawali dengan kawat tembaga dan diakhiri potongan aluminium.
  • Beri 1 atau 2 tetes air pada potongan sabun yang udah terpasang logam tembaga dan aluminium.
  • Kabel listrik lalu dihubungkan dengan kaki lampu LED. Kalo gak nyala, kabel tersebut ditukarkan posisinya pada kaki LED tersebut.
  • Lampu LED akan menyala selama sabun dalam keadaan basah, kalo mati tinggal meneteskan 1,2 tetes air pada potongan sabun.

 

4. Hasil

Saat proses pembuatan udah selesai, maka kamu udah mempunyai energi alternatif. Bisa juga kamu mengembangkan kreasi ini, jadi bisa bermanfaat buat banyak orang.

 

5. Kesimpulan

Kamu bisa memanfaatkan bahan disekitar untuk membuat energi, misalnya dengan menggunakan bahan wortel, kentang, jeruk nipis, dan lainnya.

Bahan tersebut bisa digunakan untuk membuat baterai asalkan kandungan pH diatas 7.


 

 

Contoh Membuat Perangkap Nyamuk

Contoh Membuat Perangkap Nyamuk

1. Tujuan

Keberadaan nyamuk sangat mengganggu aktivitas yang kamu lakukan. Terutama, saat tidur nyamuk selalu mengambil kesempatan buat menggigit.

Makanya, kamu bisa memakai cara alternatif buat mengusir nyamuk, selain memakai obat pembasmi nyamuk.

Cara alternatif ini lebih aman digunakan buat kesehatan dan tentunya akan lebih murah. Cara membuatnya juga sederhana dan bahannya bisa jumpai di sekitar kamu.

 

2. Alat dan Bahan

  •  Botol aqua bekas ukuran 1,5 liter atau botol plastik lainnya
  • Air sebanyak 200 ml
  • Gula merah sebanyak 50 gram
  • Ragi sebanyak 1 gram
  • Plastik atau kain hitam secukupnya

 

3. Langkah-Langkah

  • Potong botol aqua atau botol plastik pada bagian tengahnya, ambil potongan bagian bawah dulu.
  • Larutkan gula merah dengan air panas dan tunggu sampai dingin.
  • Masukkan larutan gula merah ke dalam potongan botol bagian bawah tadi.
  • Masukkan ragi ke dalam campuran tetapi jangan diaduk, disini akan didapatkan karbondioksida.
  • Potongan botol bagian atas tadi pasangkan dengan posisi dibalik hingga membentuk seperti corong.
  • Tutup botol tersebut dengan plastik atau kain yang berwarna hitam, tapi bagian atas jangan tertutup.
  • Alat ini udah siap digunakan dan letakkan di beberapa area di rumah kamu.

 

4. Hasil

Setelah melakukan langkah-langkah alat yang merupakan perangkap nyamuk ini udah jadi. Bisa kamu pakai pada siang dan malam hari di rumah kamu.

 

5. Kesimpulan

Perangkap nyamuk sederhana ini, jelas lebih aman digunakan dibandingkan cairan berbahan kimia.

Karena, alat tersebut dibuat dengan menggunakan bahan yang alami dan aman.


 

 

Contoh Membuat Jebakan Tikus

Contoh Membuat Jebakan Tikus

1. Tujuan

Tikus adalah hewan yang menggelikan dan kotor bagi beberapa orang. Apalagi, kalo tikus masuk ke rumah akan sangat mengganggu sekali.

Makanya, banyak yang butuh sesuatu buat mengusir tikus-tikus. Tujuan dari pembuatan jebakan tikus adalah agar bisa menjebak tikus tanpa memakai bahan kimia.

 

2. Alat dan Bahan

  • Selai
  • Kaleng yang udah tidak terpakai
  • Ember besar
  • Kawat
  • Balok kayu

 

3. Langkah-Langkah

  • Lubangi ember pada salah satu bagian samping atas ember dengan ukuran diameter kurang lebih 7 cm.
  • Bagian bawah lubang tadi dibuat lubang lagi dengan ukuran kira-kira tikus dapat masuk.
  • Buatlah jalan untuk tikus dengan menggunakan balok kayu menuju ke lubang yang lain.
  • Buatlah lubang di kaleng pada bagian atas dan bawah kaleng.
  • Masukkan kawat pada lubang di ember kemudian lubang di kaleng juga.
  • Oleskan selai pada kaleng dan jebakan tikus siap digunakan.

 

4. Hasil

Setelah melakukan semua langkah diatas, jebakan tikus yang sederhana ini dapat digunakan.

Jebakan tikus tersebut, bisa ditaruh di berbagai bagian rumah yang kemungkinan banyak tikusnya.

 

5. Kesimpulan

Dengan membuat jebakan tikus yang sederhana ini bisa menghemat biaya buat menangkap tikus.

Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat jebakan tikus ini juga mudah ditemukan dan ramah lingkungan.


 

 

Contoh Membuat Slime Bebas Borak

Contoh Membuat Slime Bebas Borak

1. Tujuan

Slime merupakan sebuah mainan yang digemari oleh anak-anak. Tujuan dari pembuatan slime bebas boraks adalah agar mainan tersebut lebih aman digunakan.

Selain itu, juga bisa menambah kekreatifan kamu, sehingga kalo ingin mempunyai slime gak harus dengan cara membeli.

 

2. Alat dan Bahan

  • Lem povinal
  • Air
  • Pembersih lantai
  • Deterjen cair dan bubuk
  • Wadah

 

3. Langkah-Langkah

  • Buatlah campuran activator yaitu dengan cara mencampurkan air, pembersih lantai, deterjen cair dan bubuk secukupnya ke dalam suatu wadah. Kemudian aduk sampai merata.
  • Tambahkan lem povinal secukupnya, dan aduk lagi sampai bentuknya berupa gumpalan.
  • Kemudian, masukkan ke dalam freezer dengan waktu sekitar 10 menit.
  • Setelah 10 menit keluarkanlah dan aduk lagi sampai bisa dimainkan.

 

4. Hasil

Setelah melakukan semua langkah-langkah diatas, slime tanpa boraks tersebut udah siap dimainkan deh!

 

5. Kesimpulan

Dengan membuat slime sendiri bisa menambah pengetahuan kamu dan gak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Selain itu, slime tanpa boraks tersebut juga lebih aman saat dimainkan, karena bermain slime pasti harus bersentuhan dengan kulit.


 

 

Contoh Membuat Lampion

Contoh Membuat Lampion

1. Tujuan

Pembuatan lampion bisa pakai bahan-bahan yang sederhana. Dengan pemanfaatan bahan sederhana ini, bisa dijadikan lampion yang bisa jadi penerangan atau hiasan.

 

2. Alat dan Bahan

  • Bambu
  • Lilin
  • Kertas minyak dengan warna yang berbeda-beda
  • Lem
  • Korek api

 

3. Langkah-langkah

  • Pertama, buatlah kerangka dari bahan bambu sesuai yang bentuk lampion yang diinginkan.
  • Lalu, susunlah kertas minyak berwarna-warni pada kerangka yang dibuat sesuai kekreatifan kamu.
  • Selanjutnya, letakkan lilin pada bagian bawah kerangka yang udah dibuat.
  • Setelah itu, kamu tinggal nyalakan lilin dengan korek api.

 

4. Hasil

Setelah melakukan semua langkah diatas, dengan bahan yang sederhana bisa dijadikan sebuah lampion.

Lampion tersebut, bisa kamu gunakan buat penerangan ataupun digunakan sekedar sebagai hiasan.

 

5. Kesimpulan

Dengan memanfaatkan benda-benda disekitar kamu bisa membuat lampion yang dapat membantu penerangan. Bentuk lampion yang cantik dan indah bisa dipakai buat hiasan yang menarik.


 

 

Contoh Membuat Teleskop Sederhana

Contoh Membuat Teleskop Sederhana

1. Tujuan

Dibutuhkan alat khusus buat bisa melihat benda-benda langit di luar angkasa sana. Salah satu alat buat pengamatan benda luar angkasa dari bumi yaitu teleskop.

Tapi, teleskop punya harga yang lumayan mahal. Makanya, buat memudahkan dibuatlah teleskop sederhana yang bisa buat sendiri.

 

2. Alat dan Bahan

  • Lensa objektif (kaca pembesar) dengan diameter 5 cm
  • Lensa okuler atau bisa menggunakan lensa pada mikroskop dengan ukuran 2,5 cm
  • Pipa pralon dengan panjang 30 cm
  • Gergaji
  • Perlup
  • Lem

 

3. Langkah-Langkah

  • Dengan menggunakan rumus fisika yaitu fob + fok = L, tentukan panjang teleskop yang akan dibuat.
  • Potonglah pipa pralon dengan gergaji sesuai ukuran yang udah ditentukan dengan rumus tersebut.
  • Taruh lensa objektif atau kaca pembesar di dalam sambungan pipa. Lalu, sambungkan dengan pipa yang udah dipotong sesuai ukuran yang udah ditentukan dengan rumus.
  • Setelah itu, pasang perlup yang udah disiapkan di bagian pipa ujung belakang.
  • Kemudian, kamu pastikan lensa objektif berada di depan lensa okuler.
  • Taruh lensa okuler pada perlup di bagian ujung belakang.

 

4. Hasil

Setelah melakukan semua langkah-langkah tersebut, udah jadi sebuah teleskop sederhana. Teleskop sederhana ini, dipakai buat mengamati benda di luar angkasa.

Selain digunakan mengamati benda lagit, teleskop sederhana ini bisa digunakan buat mengamati benda yang letaknya jauh.

 

5. Kesimpulan

Benda langit adalah benda yang sangat jauh sampai berjuta-juta mil. Manusia gak bisa melihat benda langit tanpa memakai bantuan alat khusus.

Sedangkan, teleskop mempunyai harga yang cenderung mahal dan gak semua orang memilikinya.

Dengan teleskop sederhana ini, kamu bisa membuatnya sendiri dan bisa menikmati keindahan benda langit.


 

 

Contoh Membuat Pendingin Dengan Bahan Sederhana

Contoh Membuat Pendingin Dengan Bahan Sederhana

1. Tujuan

Pendingin seperti lemari es atau kulkas sangat dibutuhkan, supaya makanan atau buah-buahan gak mudah membusuk.

Tapi, kulkas punya harga yang tinggi dan harus membutuhkan listrik yang banyak. Makanya, banyak yang berfikir dua kali saat akan memakai kulkas.

Tujuan membuat membuat pendingin ini adalah buat memudahkan kamu yang gak punya kulkas dirumah. Selain itu, pendingin sederhana ini memakai bahan yang ramah lingkungan.

 

2. Alat dan Bahan

  • Pot yang berbahan dasar tanah liat sebanyak 2 buah, masing-masing berdiameter 60 cm dan 40 cm.
  • Sterofom
  • Pasir
  • Air
  • Lem kayu
  • Kain bekas (bersih)

 

3. Langkah-langkah

  • Pada bagianm bawah pot biasanya memiliki lubang. Untuk membuat pendingin sederhana ini tutuplah lubang pot dulu pakai pecahan genting dan di lem.
  • Kemudian, masukkan pot berukuran diameter 40 cm ke dalam pot berukuran 60 cm, lalu di lem.
  • Lalu, masukkan pasir di ruang antara pot besar dan pot kecil. Sebelum pasir dimasukkan basahi dulu memakai air.
  • Selanjutnya, gunakan sterofom buat menutup bagian ruangan yang tersisa.
  • Ruangan dalam pot kecil inilah yang akan dipakai buat menyimpan makanan. Cobalah dengan memasukkan buah-buahan kedalam pot kecil.
  • Setelah itu, tinggal kamu tutup rapat dengan kain.

 

4. Hasil

Pendingin sederhana udah bisa dipakai buat menyimpan makanan. Buah-buahan yang dimasukkan ke dalam ruangan pot kecil tadi akan jadi dingin dan tentunya gak cepat busuk.

Hal tersebut dikarenakan, air dan pasir didalam pot mengalami evaporasi, jadi bisa menjadikkan yang didalam pot dingin.

 

5. Kesimpulan

Kamu bisa mendinginkan makanan tanpa harus membeli kulkas yang harganya mahal.

Dengan membuat pendingin sederhana ini, akan memudahkan kamu dalam menyimpan makanan. Selain itu, pendingin ini lebih ramah lingkungan.


 

 

Contoh Membuat Telur Asin

Contoh Membuat Telur Asin

1. Tujuan

Telur asin berasal dari telur bebek yang mengalami proses pengasinan. Tujuan dibuatnya telur asin adalah supaya telur ini gak mudah membusuk atau lebih awet.

Disini kamu akan mengetahui bagaimana cara membuat telur asin secara tradisional.

 

2. Alat dan Bahan

  • Telur bebek
  • Garam
  • Ampelas
  • Tanah liat
  • Abu gosok

 

3. Langkah-Langkah

  • Pertama, kamu cuci dulu telur bebek yang udah disiapkan.
  • Kemudian, ampelas telur bebek sampai kulitnya agak tipis dari sebelumnya.
  • Selanjutnya, campurkan abu gosok, tanah liat, dan garam secukupnya kedalam sebuah wadah.
  • Setelah itu, bungkus telur bebek yang udah di ampelas dengan campuran bahan tadi.
  • Simpan telur bebek tersebut di suhu normal selama kurang lebih 3 minggu.

 

4. Hasil

Setelah disimpan selama 3 minggu telur asin udah jadi. Untuk menikmati telur asin adalah dengan cara direbus sampai matang.

 

5. Kesimpulan

Kebanyakan, orang awan lebih suka menikmati telur bebek dengan cara dijadikan telur asin.

Telur bebek banyak disukai, karena memiliki kandungan gizi yang lengkap. Cara pembuatan telur asin juga sangat mudah dan sederhana.


 

 

Contoh Membuat Tinta Tidak Terlihat

Contoh Membuat Tinta Tidak TerlihatContoh Membuat Tinta Tidak Terlihat

1. Tujuan

Tinta yang umumnya kamu pakai yaitu bersifat terlihat, misalkan pulpen buat menulis di buku.

Nah, pernahkan kamu menemukan tinta tidak terlihat? Unik bukan?

Kamu bisa membuat tinta tidak terlihat dengan bahan-bahan yang mudah didapat, buat menyampaikan pesan rahasia pada seseorang.

 

2. Alat dan Bahan

  • Lemon
  • Air
  • Sendok
  • Mangkuk
  • Cotton bud
  • Kertas putih
  • Lampu bohlam

 

3. Langkah-langkah

  • Pertama, peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air.
  • Selanjutnya, kamu aduk air dan jus lemon dengan sendok.
  • Kemudian, celupkan cottonbud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.
  • Setelah itu, kamu tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.
  • Untuk membaca pesan rahasia bisa dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu.

4. Hasil

Setelah langkah diatas selesai dilakukan, kamu udah tahu gimana cara membuat tinta rahasia yang tidak terlihat.

Kamu bisa menyampaikan pesan rahasia pada temanmu dengan cara ini, ini merupakan reaksi kimia.

 

5. Kesimpulan

Jus lemon merupakan senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warna menjadi cokelat saat dipanaskan.

Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit dibaca. Dengan begitu, gak seorangpun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan dipanaskan dan pesan rahasia terungkap.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama, antara lain, jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur.

Tinta tidak terlihat juga bisa dibuat dengan memakai reaksi kimia atau melihat cairan tertentu melalui sinar ultraviolet (UV).


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat buat kalian semua sobat cerdika 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 19 Mei 2021 - Published : 21 Januari 2021