Contoh Teks Eksemplum

Teks eksemplum ini bisa dalam bentuk teks eksemplum fiksi dan non fiksi. Lalu, apa aja sih struktur teks eksemplum itu?

Jadi, struktur teks eksemplum itu ada abstrak, orientasi, insiden, interpretasi, dan koda atau orientasi, insiden, dan interpretasi.

Ingin tau contoh teks eksemplum itu gimana? Yuk simak beberapa contoh dari teks eksemplum berikut ini.


Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi

Contoh Teks Eksemplum Pengalaman Pribadi

Tema : Tangga Kopi

1. Orientasi

Setelah pulang sekolah, aku memutuskan buat langsung menuju ke kos tanpa mampir ke tempat seperti biasanya.

Rasanya, badan udah capek karena aktivitas seharian di sekolah pada hari itu.

Saat melihat dispenser di kamar kos, aku berpikir kalo sepertinya nikmat sebelum tubuh berbaring adalah minum kopi dulu.

Kebetulan sekali, saat itu persediaan kopi di kosan masih lumayan banyak.

Aku langsung panaskan air di dispenser itu, dan setelah 5 menit air itu udah hangat. Kemudian, aku ambil kopi bubuk dan membuatnya kopi di gelas.

2. Insiden

Kopi pun udah siap buat diminum dan aku ingin pergi ke kosan lantai 2 (kamar aku ada di lantai 3), sambil membawa kopi yang baru aja di buat.

Aku nekat membawa gelas kopi tersebut menuruni anak tangga, tapi karena aku gugup menuruni anak tangganya, tanganku jadi gak seimbang sehingga membuat gelas yang berisi kopi goyang.

Akhirnya, kopi tersebut tumpah ke anak tangga, dimana anak tangga tersebut sering dilewati oleh anak-anak.

Saat itu, untung aja gak ada orang yang sedang lewat, jadinya gak ada 10 menit aku bisa membersihkan cairan kopi yang tumpah di lantai tangga itu.

3. Interpretasi

Berdasarkan cerita pengalaman pribadi diatas, kamu bisa belajar saat membawa sesuatu terutama yang rawan, kamu harus lebih berhati-hati dan gak tergesa-gesa. Jadi, gak akan terjadi hal yang gak diinginkan.


Contoh Teks Eksemplum Kehidupan Remaja

Contoh Teks Eksemplum Kehidupan Remaja

Tema : Yang Menggangguku

1. Abstrak

Aku mempunyai pengalaman yang menyeramkan saat aku masih duduk di bangku kelas 1 SMP.

2. Orientasi

Saat itu tepatnya hari Senin di malam hari, aku memutuskan diri buat berdiam di rumah dan membaca kumpulan cerita horror yang ada di ponselku.

Saat itu, keadaannya aku cuma berdua di rumah bersama nenekku yang udah tidur dulu. Tiba-tiba, aku teringat dengan pengalaman mistis yang kakakku alami.

Dia bercerita, kalo dia pernah melihat pocong di samping lemari yang ada didalam kamarnya.

Entah kenapa, tiba-tiba bulu kudukku meremang dan badanku menggigil, jam pun udah menunjukkan pukul 23.00 atau jam 11 malam dan aku memutuskan buat tidur aja.

3. Insiden

Sebelum tidur aku pun mematikan lampu kamarku. Tetapi, aku merasakan ada sesuatu yang aneh.

Seperti ada seseorang yang ada di pojok kamarku sedang bersembunyi di balik kegelapan dan aku memutuskan buat gak mengacuhkan dan tidur di kasur ku dan gak lama kemudian aku udah terlelap.

Belum cukup lama aku tertidur, aku udah terbangun tapi dalam posisi yang menurutku sedikit aneh.

Posisi badanku miring ke arah kiri hampir terlungkup dan tangan kananku menjuntai di tepi ranjang.

Aku segera menutup mata ku rapat-rapat saat merasakan sesuatu yang sangat dingin di sekitaran tanganku.

Seperti ada telapak tangan yang sangat dingin menggenggap tangan kiriku dan mengubah posisiku.

Aku pun berusaha menenangkan diriku dan kembali tidur.

Dan, buat kedua kalinya aku terbangun dari tidurku tanpa ada alasan yang jelas dan dengan posisi yang sedikit berbeda dari sebelumnya.

Aku merasakan hal yang aneh lagi, yang aku rasakan seperti ada yang menusuk-nusuk punggungku dengan sebatang lidi.

Aku mencoba mengubah posisiku tapi anehnya badanku gak bisa bergerak.

Sekuat apapun aku mencoba buat menggerakkan tubuhku tapi tetapsaja badanku gak bisa bergerak.

Aku memutuskan buat menutup mata lagi dan berdoa dalam hati agar sesuatu yang gak menyenangkan gak terjadi.

Anehnya, tusukkan itu semakin jadi dan semakin dalam membuat punggungku sangat sakit dan aku berpikir satu-satunya jalan bvuat mengakhiri kejadian ini adalah kembali tidur.

Aku terus mencoba buat kembali tidur, meski rasanya jantungku berdebar sangat kencang dan tubuhku udah banjir oleh keringat dingin akibat rasa ketakutan yang aku alami.

Aku mendengar ada suara yang sangat berisik yang berasal dari ponselku.

Aku segera mematikannya dan bergegas ke kamar mandi buat mengambil air wudhu lalu sholat shubuh.

Aku juga gak tahu apakah kejadian tadi malam itu cuma mimpi atau sungguhan, tapi aku tetap bersyukur sesuatu yang buruk tak terjadi padaku.

4. Interpretasi

Sejak kejadian itu, aku mulai belajar buat berdoa sebelum dan sesudah tidur itu ternyata sangat penting dan jangan terlalu sering membaca cerita horor atau menonton film horor sebelum tidur.

Selain itu, jangan tidur terlalu malam dan sebaliknya sebelum tidur bersihkan dulu tempat tidurmu.


Contoh Teks Eksemplum Dongeng

Contoh Teks Eksemplum Dongeng

Tema : Burung Pipit Yang Sombong

1. Orientasi

Di suatu hutan belantara, hiduplah sekelompok burung pipit. Salah satu burung pipit itu bernama Dini.

Dini di hutan belantara itu juga tinggal bersama para hewan lainnya.

Dia dikenal sebagai seekor burung yang sombong dan cenderung suka hidup menyendiri, karena Dini selalu merasa kalo dirinya aja yang paling benar dan mampu.

2. Insiden

Suatu ketika, sekelompok burung pipit tersebut sedang membuat sarang dari tumpukan jerami. Dengan sabarnya, mereka membuat sarangnya agar terlihat rapih dan kokoh.

Tapi lain halnya dengan Dini, dia dengan sombongnya membuat sarang dari potongan kertas warna-warni.

Dini menganggap, kalo memakai kertas akan jauh lebih menarik dibandingkan dengan sarang burung pipit lainnya.

Selain itu, Dini juga gak memperhatikan kekokohan dari sarang yang dia buat tersebut.

Disamping Dira, juga ada burung pipit lain yang juga sedang membuat sarang dari tumpukan jerami.

Burung pipit itu bernama Bibi. Bibi dikenal sebagai seekor burung pipit yang mempunyai sifat dermawan dan rendah hati.

3. Interpretasi

Dengan adanya kejadian itu, Dini mulai merubah sikap dan perilakunya buat gak lagi angkuh dan sombong pada hewan lain dan sekelompok burung pipit lainnya.

Dini juga sadar, kalo sederhana itu lebih penting dibandingkan dengan kemewahan kalo cuma hidup menyendiri dan menyombongkan diri.

Karena, kamu merupakan makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain.


Contoh Teks Eksemplum Fiksi

Contoh Teks Eksemplum Fiksi

Tema : Si Kelinci Dengan Kecepatannya

1. Orientasi

Di suatu desa dengan penduduk hewan yang ramai, ada seekor kelinci yang lincah dan mempunyai kecepatan super.

Micky ini bisa berlari dengan kecepatan yang luar biasa di luar kemampuan kelinci pada umumnya.

Gak cuma pandai berlari, dia juga terkenal dengan lompatannya yang sangat tinggi dan belum pernah mengalami kesalahan selama perjalannya.

2. Insiden

Pada suatu hari, diselenggarakan lomba lari di desa tersebut yang bisa diikuti oleh semua hewan yang ada.

Pemenang dari lomba ini akan mendapat hadiah, berupa aneka buah dan makanan yang bisa disimpan selama beberapa musin ke depan.

Hari perlombaan pun tiba, semua hewan yang jadi peserta lomba pun berkumpul dan berbaris di garis start, termasuk Micky.

Micky melihat ada seekor kura-kurang yang mengikuti lomba ini dan Micky pun menertawai kura-kura bernama Keny itu.

Karena, dia mengira Keny ini sangat lamban dan berpikir kalo Keny gak mungkin bisa menang.

Mica terus mengejek Keny, tapi Keny cuma tersenyum dan sabar mendengar ejekan itu. Saat bunyi peluit terdengar, Micky langsung berlari membuat peserta lain terpana.

Sedangkan, Keny dengan sabar dan perlahan melangkah maju dan tetap memperhatikan jalanan di depannya.

Tapi, gak dengan Micky yang percaya diri merasa kalo cuma dia yang mampu memenangkan lomba ini.

Lalu, Micky menambah kecepatan larinya tanpa menghiraukan peserta lain dan gak memperhatikan kondisi jalan di depannya.

Area perlombaan itu sangat sulit dan banyak rintangan dan jebakan agar gak mudah memenangkan lomba ini.

Tapi, Micky gak memperhatikannya dan terus menambah kecepatan larinya.

Berbeda dengan Keny, yang lebih focus pada dirinya sendiri dan memperhatikan kondisi jalan dengan baik.

Dia bisa melihat kalo banyak sekali rintangan dan jebakan yang dibuat oleh panitia lomba.

Dengan sangat berhati-hati, Keny melewatinya dan dia pun lolos sedangkan hewan lain, banyak yang terjebak dengan rintangan yang ada dan gak bisa melewatinya.

Hal itu juga terjadi pada Micky yang terus meminta tolong, karena dia terjatuh ke dalam lubang tanah yang cukup dalam.

Keny berhenti buat menolong Micky dengan melemparkan seutas tali ke dalam lubang tersebut.

Digigitlah tali itu oleh Micky hingga dia bisa naik ke permukaan, tapi kaki Micky terluka dan Keny pun memberikannya obat lalu melanjutkan perjalannya sampai garis finish.

Dan pada akhirnya, Keny pun menjadi pemenang satu-satunya.

3. Interpretasi

Micky mengalami kecelakaan saat sedang berlomba, itu karena kesombongannya sendiri.

Tapi, hatiku tersentuh dengan kebaikan dari Keny yang menolongnya saat dia terjatuh.

Micky juga berjanji, buat gak mengulangi lagi dan meminta maaf pada Keny serta gak lupa buat berterimakasih karena udah menolongnya.

Micky menyesal akan perbuatannya dan meminta saran pada Keny buat melatihnya agar lebih waspada dalam segala sesuatu.


Contoh Teks Eksemplum Non-Fiksi

Contoh Teks Eksemplum Non-Fiksi

Tema : Kecerobohanku

1. Orientasi

Aku mempunyai pengalaman yang gak terlupakan saat aku terjatuh dari motor beberapa bulan yang lalu.

Kejadian itu, bermula saat aku yang masih duduk di bangku SMP sedang membersihkan kamarku.

Lalu, adikku yang bernama Alya menghampiri aku dan memintaku buat mengantarnya ke rumah guru lesnya.

2. Insiden

Pada saat itu, hari udah sore dan mendekati waktu adzan maghrib.

Kedua orang tuaku juga udah melarangku, supaya gak berangkat dulu dan menyuruhku pergi setalah adzan maghrib.

Tapi, karena aku melihat Alya sedang terburu-buru jadilah aku mengantarnya sebelum adzan maghrib.

Ditengah perjalanan, tiba-tiba ponselku bordering pertanda ada pesan masuk.

Aku pun merogoh saku celanaku dan mengambil ponselku itu dan aku berniat buat langsung membalas pesan itu.

Jujur aja, saat itu aku mengendarai motor dengan tergesah-gesa dan dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Lalu, dari arah depan ada sebuah motor yang ingin berputar balik tapi gak menyalakan lampu sein, jadi aku kaget dan panik karena gak bisa mengontrol dan menguasai kecepatan motorku.

Dan kecelakaan itupun terjadi, dimana aku menabrak pengendara motor yang tadi hendak putar balik arah jadi aku dan Alya pun terjatuh dan terlempar dari motor.

Alya mengalami luka-luka di bagian siku dan kakinya. Sedangkan, aku mengalami luka di bagian lutut sebelah kanan dan untungnya gak mengalami luka yang parah.

Tapi, berbeda dengan motorku yang rusak parah akibat kecelakaan tersebut.

Untunglah pada saat kecelakaan itu, terjadi ada polisi di sekitaran jalan dan langsung mengampiriku buat menolong dan mengurus kasus kecelakaanku ini.

3. Interpretasi

Dari kejadian itu, aku jadi tahu kalo doa restu dan nasihat dari orang tua itu sangat penting.

Kalo aja aku nurut dengan perkataan ibuku, pasti kejadian ini gak akan terjadi dan aku juga tahu kalo hati-hati saat berkendara dan tertib di jalan emang sangat perlu diperhatikan.

Karena, saat kamu sedang di jalanan itu artinya kamu bagai sedang bertarung dengan nyawa.

Dan, penting juga buat melengkapi pengaman mulai dari helm dan surat-surat penting seperti STNK dan SIM.

Saat kamu sedang mengendarai kendaraan sebaiknya gak perlu memegang ponsel kecuali dalam keadaan yang mendesak.

Tapi, saat memakai ponsel lebih baik berhenti dulu di pinggir jalan.

4. Koda

Dengan adanya kejadian ini, aku jadi semakin berhati-hati dalam berkendara serta semakin memperhatikan peraturan lalu lintas.

Selain itu, juga harus mematuhi perkataan orang tua karena ridha Allah SWT merupakan ridha orang tua.


Contoh Teks Eksemplum Tentang Sahabat

Contoh Teks Eksemplum Tentang Sahabat

Tema : Indahnya Persahabatan

1. Orientasi

Fathir adalah seorang anak yang masih duduk di bangku SMP, setiap harinya dia menjual kue-kue di sekolahnya cuma demi mengumpulkan uang buat membayar biaya sekolahnya.

Karena, keadaan perekonomian orang tuanya yang gak mampu membiayai dirinya bersekolah.

Suatu saat, pada tanggal 1 November 2018, Fathir tiba-tiba gak masuk sekolah.

2. Insiden

Udah hampir satu minggu, Fathir gak masuk ke sekolahnya.

Semua temannya mendatangi ke rumah, dirumah Fathir teman-temannya mendapat informasi kalo Fathir sekarang berjualan kue di terminal.

Dia berjualan ini buat membayar SPP di bulan Maret yang berlum dibayarnya, uang Fathir yang terkumpul belum cukup buat membayarnya.

Mengetahui hal itu, semua teman-temannya mendatanginya ke terminal, mereka mencari dimana Fathir berada dan mereka memutuskan buat membeli semua kue Fathir.

Dan, semua teman-temannya Fathir melakukan itu selama 3 hari berturut-turut.

3. Interpretasi

Berdasarkan cerita diatas, kita semua bisa menyimpulkan kalo persahabatan merupakan suatu hal yang indah, dengan persahabatan maka sikap saling membantu akan muncul tanpa pamrih.


Yey sekarang kamu udah mengetahui beberapa contoh teks eksemplum beserta strukturnya lengkap. Jangan lupa buat share yak! 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 22 September 2020 - Published : 22 September 2020