Contoh Teks Diskusi Singkat

Apa sih yang dimaksud dengan teks diskusi? Jadi, teks diskusi merupakan

Teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang jadi pembahasan diskusi.

Teks diskusi yaitu salah satu bentuk teks yang berisi 2 pendapat. Pendapat yang setuju (pro) dan tidak setuju (kontra) pada sebuah permasalahan yang sedang dibahas.

Penyusunan teks diskusi terdiri dari 4 struktur, yaitu isu, argumen mendukung, argumen menolak, dan kesimpulan.

Pernah melihat atau membuat contoh teks diskusi belum nih? Nah, kalo belum simak pembahasannya berikut ini!


Contoh Teks Diskusi Tentang Narkoba

Contoh Teks Diskusi Tentang Narkoba

Bahayanya Memakai Narkoba

1. ISU

Bahaya buruk narkoba tentunya udah banyak diketahui masyarakat. Tapi, sampai saat ini masih ditemukan penyalahgunaan narkoba.

Narkoba yaitu narkotika dan obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek candu/ketagihan pada pengkonsumsinya dan menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila digunakan terus-menerus dalam dosis yang sangat banyak.

2. ARGUMEN MENDUKUNG

Contoh bahaya yang disebabkan oleh narkoba dan banyak buktinya antara lain:

  • Gangguan pada paru-paru.
  • Gangguan fungsi reproduksi.
  • Turunnya nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
  • Sering mual dan muntah-muntah.
  • AIDS.
  • Mengganggu kinerja jantung.
  • Gangguan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningakat.
  • Kerusakan otak.

3. ARGUMEN MENENTANG

Tapi, narkoba gak sepenuhnya buru, kali dipakai dengan benar.

Zat-zat jenis psikotropika ini sebenarnya masih dipakai dalam dunia kedokteran.

Contohnya: Buat melakukan bius pada pasien ataupun yang ada dalam suatu obat khusus.

Tapi, dengan dosis yang sangat kecil sehingga gak menimbulkan bahaya pada penggunanya.

4. SIMPULAN

Saat kamu udah mengetahui bahaya-bahaya yang disebabkan oleh narkoba.

Bijaknya, kamu buat menghindari penyalahgunaan narkoba dan kamu perlu lebih berhati-hati, karena pergaulan zaman sekarang yang makin bebas.


Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan

Kebiasaan minum teh, baik atau buruk buat kesehatan?

1. ISU

Tak jauh berbeda dengan kopi, kebiasaan minum teh udah dilakukan dari dulu. Bahkan jadi bagian dari tradisi.

Biasanya teh disajikan saat ada kunjungan tamu, pertemuan, atau bagian dari sarapan pagi dan bersantai di malam hari.

Teh diperkenalkan sejak 5000 tahun lalu, kalo minuman ini berkhasiat bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Tanaman teh berasal asli dari Asia Tenggara. Aroma dan rasanya yang khas menjadikan minuman ini sangat digemari oleh semua golongan masyarakat.

Meski banyak manfaat dari meminum teh, tapi kebiasaan mengonsumsi teh secara berlebihan bisa menimbulkan kerugian.

2. ARGUMEN MENDUKUNG

Ada beberapa kandungan aktif dalam teh sehingga jadi bermanfaat buat kesehatan, seperti:

  • Polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan buat mencegah berkembangnya sel kanker.
  • vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang bisa membantu buat memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.
  • ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4,2 mg/L) yang fungsinya buat membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi dan memperkuat gigi.

3. ARGUMEN MENOLAK

Tapi, dibalik manfaatnya yang banyak tersebut, kebiasaan minum teh yang gak wajar punya pengaruh yang gak baik buat kesehatan.

Karena, caffein yang ada didalam teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan jadi terhambat.

Selain itu caffein mempunyai sifat ketergantungan jadi tubuh akan terasa gak fit kalo gak mengkonsumsinya.

Nah pada ibu menyusui, caffein mempengaruhi kelenjar ASI jadi menghambat kelancaran dan ketersediaan ASI.

Zat caffein pada bayi zat ini bisa mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral dalam teh juga mempunyai kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal.

4. SIMPULAN

Kalo kamu ingin mengkonsumsi teh yang sehat, disarankan buat mengkonsumsi sebanyak 5 cangkir ukuran 200 ml setiap hari.

Karena, jumlah tersebut masih batas normal kadar kafein yang bisa dikonsumsi yaitu setara 750 mg/hari.

Usahakan juga seduh teh dengan air yang gak terlalu banyak dan gak ditambahkan gula mencegah rusaknya zat-zat yang dikandung dan hilangnya manfaat teh.

Dalam kebiasaan sehari-hari, hindari minum teh saat perut kosong karena bisa meningkatkan produksi asam lambung jadi berpengaruh pada pencernaan.


Contoh Teks Diskusi Tentang Lingkungan

Contoh Teks Diskusi Tentang Lingkungan

1. ISU

Pertama adalah contoh teks diskusi tentang lingkungan. Pokok permasalahan yang dibahas adalah tentang cara menanggulangi sampah dengan dibakar (isu).

Nanti di dalam teks diskusi ini akan berisi 2 pendapat pro dan kontra seputar isu tersebut.

2. ARGUMEN MENDUKUNG

Udah dari dulu semua beranggapan kalo sampah emang sangat mengganggu. Hal tersebut karena sampah sendiri bisa mengakibatkan dampak buruk.

Misalnya banjir atau menyebabkan timbulnya penyakit. Di beberapa daerah masalah cara penanggulangan sampah jadi bahasan terpenting.

Hal tersebut juga cukup banyak jadi perdebatan sejak dulu.

3. ARGUMEN MENOLAK

Menurut banyak orang, sampah adalah sesuatu yang udah gak dibutuhkan lagi. Makanya, udah sewajarnya kalo sampah harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar.

Tapi, berbeda dengan mereka pecinta alam. Membakar sampah cuma akan menimbulkan masalah baru.

Asap hasil pembakaran justru akan membuat polusi udara, bahkan menipiskan lapisan ozon.

4. KESIMPULAN

Bagi para penggiat lingkungan, penanggulangan sampah lebih baik dilakukan dengan dekomposting atau bisa dengan sistem daur ulang.

Caranya mungkin buat sampah organic (daun, ranting, sisa buah, dan lain-lain) bisa dimanfaatkan ulang menjadi kompos.

Lalu, pada sampah non organic seperti bungkus plastik, bisa dilakukan daur ulang misalnya disulap jadi kerajinan.

Masalah penanggulangan sampah emang harus diambil jalan yang tepat. Maksudnya harus disesuaikan dengan permasalahan sampah itu sendiri.

Tapi yang harus diingat, sebenarnya beberapa jenis sampah bisa dimanfaatkan kembali. Hal ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif pemecahan masalah sampah.


Contoh Teks Diskusi Tentang Anak-Anak

Contoh Teks Diskusi Tentang Anak-Anak

1. ISU

Keberadaan smartphone emang seakan udah jadi kebutuhan pada semua kalangan. Melalui alat ini setiap orang bisa berkomunikasi dengan sesamanya jadi lebih mudah.

Saat ini, pengguna smartphone bahkan gak cuma terbatas cuma orang dewasa aja, tapi juga anak-anak.

Tapi, sebetulnya hal tersebut masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat.

2. ARGUMEN MENDUKUNG

Berbeda dengan yang justru menganggap smartphone mempunyai dampak positif buat perkembangan anak-anak.

Misalnya mereka akan lebih terpacu untuk berkreasi. Selain itu, buat  orang tua juga bisa mengurangi rasa cemas.

Karena, anak-anak bisa sewaktu-waktu dihubungi kapan dan dimanapun. Fitur-fitur pada smartphone juga syarat akan metode pembelajaran yang mendukung kreativitas anak.

3. ARGUMEN MENOLAK

Beberapa orang yang merasa kurang setuju dengan penggunaan smartphone buat anak-anak menilai kalo teknologi ini akan berdampak buruk.

Salah satunya, konten dan fitur smartphone yang kurang berkualitas bisa merenggut masa bermain anak-anak.

Mereka akan cenderung pasif dan kurang mau bersosialisasi. Sampai saat dewasa, akan timbul rasa ketergantungan pada smartphone.

4. KESIMPULAN

Jadi, kesimpulannya yaitu penggunaan smartphone buat anak-anak emang masih diperdebatkan.

Tentunya, oleh kalangan orang tua. Supaya lebih aman, sebaiknya orang tua lebih pandai memilah-milah.

Misalnya lebih ketat mengawasi anaknya saat mempergunakan smartphone. Tuntun buat memilih fitur dan konten cuma yang berkualitas.


Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

1. ISU

Soal pendidikan juga ada yang saat ini sedang diperdebatkan. Salah satunya tentang sistem full day school yang udah banyak diterapkan.

Sistem seperti ini emang ada sisi positifnya. Tapi, kalo terlalu lama di sekolah bukan gak mungkin anak jadi bosan dan kelelahan.

Sistem full day school merupakan penerapan sistem pendidikan baru di Indonesia.

Sistem ini mengharuskan para murid buat belajar di sekolah seharian mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore.

Jam yang terlalu panjang mengakibatkan sistem ini menjadi pro kontra di masyarakat.

2. ARGUMEN MENDUKUNG

Ada beberapa orang yang sangat mendukung adanya sistem tersebut buat diperlakukan.

Oleh karena itu, sistem seperti ini dianggap akan lebih membantu menyiapkan murid buat menghadapi era globalisasi.

Full day school bisa memberikan pelajaran, serta pendidikan dan pelatihan yang cukup dan berkualitas buat para murid.

3. ARGUMEN MENOLAK

Tapi, banyak juga yang menentang argument tersebut. Mereka lebih menganggap kalo kadar konsentrasi anak berbeda-beda.

Ada di sekolah seharian penuh justru akan mengurangi tingkat konsentrasi mereka saat menerima pelajaran.

Waktu yang terlalu lama buat belajar juga justru akan mengurangi kegiatan luar para murid. Terutama buat mengembangkan minat dan bakatnya.

4. KESIMPULAN

Sistem full day school sebetulnya bisa tepat sasaran. Tapi, sekolah harus juga menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung.

Kalo kegiatan di sekolah dibuat menarik, maka sistem tersebut justru akan membuat para murid betah buat belajar.

Sebaliknya, saat sekolah kurang mendukung sarana atau prasarana, tentu aja murid akan cepat bosan dan pembelajaran udah tentu gak efektif.


Nah, itulah beberapa contoh dari teks diskusi singkat beserta strukturnya lengkap.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu 😀

Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu

Update : 9 September 2020 - Published : 9 September 2020