Contoh Teks Ceramah

Mungkin, kita sering menjumpai orang-orang yang berceramah baik itu di masjid, televisi, perkumpulan, dan acara lainnya.

Tapi, terkadang masih sulit membedakan apa itu ceramah, khotbah, dan sambutan.

Secara umum ceramah, khotbah dan sambutan adalah salah satu bentuk dari pidato didepan umum.

Jadi ketiganya masuk kedalam jenis pidato, yang membedakan adalah topik dan isi pidato yang akan disampaikan.

Nah, dibawah ini ada beberapa contoh teks ceramah berbagai tema. Ingin tahu? Yuk simak ulasannya!


Contoh Teks Ceramah Singkat

Contoh Teks Ceramah Singkat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT akan selalu memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana aja.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang sholat.

Para jamaah serta hadirin yang disayangi oleh Allah SWT. Pada kesempatan hari ini, saya akan sedikit mengupas tentang shalat.

Shalat adalah bagian terpenting dalam Agama Islam. Sehingga, bisa diambil kesimpulan bahwa sholat merupakan kekuatannya Agama Islam.

Bukan hanya itu, sholat adalah kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Dalam sholat sendiri ada makna yang lebih dari kewajiban seorang muslim.

Bahkan sholat adalah bukti keimanan seseorang kepada Allah SWT. Sehingga, bisa dikatakan bahwa dalam membedakan umat Islam yaitu dari sholat yang dikerjakannya.

Sebelum mengakhiri ceramah kali ini, marilah kita sama-sama berdoa kehadapan Allah SWT semoga dimasukkan kedalam golongan orang yang tidak melalaikan sholat.

Demikian ceramah tentang sholat wajib yang saya sampaikan. Wassalamualaikum Wr. Wb.


Contoh Teks Ceramah Umum

Contoh Teks Ceramah Umum

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulilahirobbilamin, kita ucapkan segala puji bagi Allah SWT. Yang sudah melimpahkan nikmat dan juga Karunia-Nya untuk kita semua.

Segala nikmat mulai dari nikmat sehat sampai nikmat lainnya sudah Ia berikan pada kita. Semoga kita selalu bersyukur atas nikmat yg Allah berikan pada kita.

Tidak lupa sholawat dan salam tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, dengan keluarga serta sahabatnya.

Saudara sekalian yang berbahagia,

Bertepatan dengan hari ibu kali ini, saya ingin menjelaskan sedikit tentang ibu. Di dalam Al Qur’an pun dijelaskan, bahwa seorang ibu itu sangatlah mulia dan kita tak boleh menyakiti hatinya.

Kita juga tidak boleh berkata kasar ke padanya, apalagi membentaknya. Karena ridha Allah terletak pada ridha seorang ibu.

Maka hormatilah ibumu serta selalu perlakukan ibu dengan baik sampai kapan pun.

Di dalam Al Quran Surah Al-Isra dijelaskan bahwa seorang anak harus selalu memperlakukan ibunya dengan baik.

Ibu merupakan orang yang telah mengandung kita selama 9 bulan dengan susah payah. Serta melahirkan kita dengan rasa sakit yg luar biasa.

Tak heran jika disebutkan bahwa kasih ibu sepanjang masa, serta tidak mengharapkan balasan apapun.

Kasih sayang setiap orang tua khususnya ibu, memang tidak terhingga dan tanpa pamrih sedikit pun.

Bahkan disebutkan juga bahwa surga ada di telapak kaki seorang ibu, sehingga kita sbg anak wajib berbuat baik sampai akhir hayat.

Demikian ceramah singkat saya tentang ibu, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.


Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan

Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah saya ucapkan atas kesempatan hari ini, kita bisa berkumpul di dalam ruangan ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Sholawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, karena perjuangannya dalam menuntun kita ke zaman yang terang-benderang.

Pada dasarnya pendidikan sangat penting serta sangat diperlukan, baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, bahkan bernegara sekalipun.

Tapi ada suatu hal yang dapat dibilang sangat disayangkan, yaitu masih banyaknya orang diluar sana yang kurang mendapatkan ilmu pendidikan.

Kemudian seperti yang Anda ketahui, masih banyak saudara kita di daerah pelosok yg sangat sulit untuk mengakses pendidikan.

Pendidikan tersebut sulit diakses akibat keterbatasan ekonomi. Tak hanya itu, sulitnya mengakses pendidikan karena keterbatasan akses dan media untuk mengenyam pendidikan.

Oleh karena itu, bersyukurlah kita semua yang masih bisa mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi.

Namun lihatlah masih banyak saudara kita yg ingin merasakan akses pendidikan yang sama. Maka dari itu manfaatkanlah sebaik mungkin.

Pendidikan juga berperan sebagai media untuk menggapai cita-cita.

Dengan pendidikan kita dapat memutus rantai kemiskinan, serta mengurangi tingkat kebodohan, sehingga dapat menyokong Indonesia menjadi negara yang maju.

Ilmu pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Maka, marilah kita bersama-sama menempuh pendidikan setinggi mungkin supaya yang menjadi cita-cita kita semua bisa tercapai.

Sekian ceramah yang saya sampaikan hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Contoh Teks Ceramah Tentang Narkoba

Contoh Teks Ceramah Tentang Narkoba

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan terhadap kehadiran Allah SWT, berkat rahmat, serta hidayah-Nya kita bertemu dalam majelis yang insyaallah berkah ini.

Yang kedua, shalawat serta salam bersama-sama kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun kita dari kegelapan menuju jalan yang baik.

Belakangan ini sedang maraknya pemakaian benda haram seperti narkoba. Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang.

Benda haram ini masih terjual banyak di Indonesia, kita selaku warga negara yang baik dan seorang yang memiliki iman terhadap yang Maha Kuasa seharusnya menjauhi hal haram seperti itu.

Narkoba tidak hanya akan merusak organ tubuh, melainkan juga akan merusak keimanan dan keyakinan kita.

Dan sudah pasti ganjaran neraka bagi seorang pecandu narkoba tak perlu dipertanyakan lagi.

Dapat disimpulkan bahwa narkoba merupakan barang haram yang akan menjerumuskan kita ke dalam hal buruk, jangan pernah sekali pun untuk mencoba.

Sekiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya, sekian.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.


Contoh Teks Ceramah Tentang Pergaulan Bebas

Contoh Teks Ceramah Tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah saya ucapkan kepada Allah SWT karena telah diberikan nikmat untuk bisa berkumpul dalam ruangan ini.

Tidak lupa saya lantunkan sholawat pad junjungan Nabi Muhammad SAW, karena telah mengangkat kita semua dari zaman kegelapan hingga ke zaman sekarang.

Izinkan saya untuk bisa membagikan sedikit ilmu tentang pergaulan bebas. Pergaulan bebas kini sudah menjadi hal yang sangat meresahkan di masyarakat.

Dengan adanya kejadian tersebut, diwajibkan para orang tua mengawasi anak-anak secara ketat lagi. Biasanya banyak orang tua hanya mengawasi anak saat berada di rumah saja.

Perlu diketahui bersama bahwa semakin dewasa anak, maka harus lebih ditingkatkan lagi pengawasannya.

Khususnya jika anak Anda sudah mulai menyukai lawan jenis. Hal ini demi kebaikan anak-anak dan Anda sebagai orang tua.

Tentunya kamu tidak mau dan jangan sampai anak-anak yang sudah dititipkan Allah SWT malah terjebak dalam pergaulan bebas.

Sehingga, dalam pertemuan kali ini bertujuan agar kita semua dan keluarga dijauhkan dari dunia pergaulan bebas yg akan merugikan diri sendiri.

Perlu adanya bimbingan serta juga pengawasan orang tua kepada anak-anak secara ketat setiap harinya.

Demikian ceramah hari ini, jika ada kesalahan atas pengucapan yang salah baik disengaja maupun tidak mohon dimaafkan.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.


Contoh Teks Ceramah Lucu

Contoh Teks Ceramah Lucu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahirrahmanirrahim.

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT karena atas berkat rahmat, taufik, serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, dan kita selaku umatnya. Aamiin.

Topik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah tentang cinta. Banyak orang yang memaknai cinta beraneka makna.

Seperti: “Hidup tanpa cinta bagaikan berdiri di tepi tebing yang curam, tanpa cinta rindu yang dirasa seakan gelap gulita.”

Dan hidup bagaikan sayur tanpa garam. Ada juga yang memaknai cinta seperti pasir yang tidak dapat digenggam terlalu erat.

Begitu banyak penafsiran mengenai cinta, untuk bentuknya cinta dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu: cinta kepada Allah, cinta kepada Nabi, dan cinta kepada sesama manusia.

Teman-teman yang mencintai saya. Seperti apa yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa cinta merupakan kata cinta yang memiliki berjuta makna.

Membahas soal cinta tidak terlepas dari budaya pacaran yang sungguh sudah sangat jelas bahwa Allah melarangnya.

Saudaraku, budaya pacaran saat ini memang sudah sangat familiar di tengah Masyarakat.

Sungguh hal seperti itu sangat miris sekali untuk digunakan, lalu bagaimana nasib bangsa ini apabila generasi muda sudah memanggil ayah bunda?

Bagi anda yang sedang menjalin hubungan yang belum pasti kedepannya yaitu pacaran, lebih baik putuskan dari sekarang juga, move on, dan yang paling penting adalah melupakan mantan.

Sebab, ada pepatah mengatakan jika masa lalu adalah sejarah, maka mantan merupakan peninggalan sejarah.

Saya rasa apa yang saya sampaikan sudah cukup, semoga bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf, untuk segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum warakhmatullahi wabarakaatuh.


Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai contoh teks ceramah singkat berbagai tema.

Gimana? Mudah dipahami kan pembahasan diatas tadi? Semoga bisa membantu dan bermanfaat 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 19 Mei 2021 - Published : 17 Januari 2021