Contoh Surat Pribadi

Apa sih, yang dimaksud dengan surat pribadi itu?

Surat pribadi yaitu surat yang digunakan buat menyampaikan berita atau informasi yang dibuat oleh seseorang secara pribadi.

Umumnya, surat pribadi memakai bahasa yang gak baku atau bahasa yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Perlu kamu ketahui, kalo penggunaan surat pribadi ini sekarang udah semakin jarang, gak seramai dulu.

Karena, dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi yang menjadi surat pribadi ini jarang digunakan.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh surat pribadi yang bisa kamu ketahui. Penasaran? Yuk simak.


Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Salam hormat

Lima belas tahun sudah kami lulus sekolah dasar. Enam tahun kami lalui sekolah dasar dengan penuh suka cita.

Terlalu banyak kenangan manis yang terasa sulit kami hilangkan dari ingatan dan pikiran.

Teringat saat pelajaran olahraga di lapangan sepak bola di waktu hujan, saat diberi nasehat yang belum mengerti apa itu nasehat.

Guru-guruku, engkau adalah para pahlawan tanpa tanda jasa original bukan kelas KW 🙂

Dengan tanpa kenal lelah membimbing kami.

Masih sangat jelas tergambar dalam ingatanku, bagaimana engkau mengajari matematika hingga kami mengerti serta paham.

Bagaimana engkau membimbing kami cara bercuci tangan yang baik dan benar.

Dan sekarang pengetahuan itu benar-benar berguna di kala musim pandemi Coronavirus.

***

Dan melalui secarik kertas yang tak berguna ini, aku mengucapkan rasa terim kasih yang sebesar-besarnya atas semua kebaikan yang kami terima.

Kami tidak bisa membalas dengan apapun.

Semua kebaikan yang telah engkau berikan tidak akan tergantikan dengan apapun.

Tak akan bisa diganti dengan materi, harta, kekayaaan, dan kebaikan kami.

Hanya doa yang dapat kami panjatkan kehadlirat Tuhan Yang Maha Pengasih Penyayang, mudah-mudahan memberikan balasan kebaikan di atas kebaikan kepada guru-guru kami dan keluarganya. Aamiin.

Purwokerto, 30 Januari 2021

Perwakilan alumni SD Kelas V

Rangga Aditya


Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Bandung, 4 Februari 2021

Sahabatku,

Ari Lesmana

Di Cikajang

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Hai Ar, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir dua tahun yang lalu Ar, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Bandung.

Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu Ar. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini, aku dan keluarga berencana pulang ke Bandung untuk menjenguk nenek.

Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus.

Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.

Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya Ar.

Oh iya Ar, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain.

Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.

Sahabatmu,

Rangga Aditya Prasetyo


Contoh Surat Pribadi Singkat

Contoh Surat Pribadi Singkat

Jakarta, 8 Juni 2021

Yts. Kakakku Ayu Desrining
di Semarang, Jawa Tengah

Assalamualakum wr. wb.,

Kak Ayu, semoga Kak Ayu di Semarang dalam keadaan baik-baik aja. Harapanku, seperti keluarga di sini juga dalam lindungan-Nya.

Sebelumnya, adinda minta maaf karena hampir dua bulan adinda belum dapat mengirim kabar. Semoga surat ini dapat mengobati rasa kangen adinda kepada kakanda.

Kak Ayu, besok liburan semester pulang ke Jakarta nggak? Adik menanyakan hal itu karena kita akan ke Bali.

Ayah mengajak kita berlibur ke Bali. Kita akan naik kereta api eksekutif, lho. Kata ayah kita di Bali selama tiga hari.

Lumayan kan Kak, kita bisa melepaskan kepenatan. Bagaimana menurutmu, Kak? Apakah Kak Ayu punya usul? Tolong segera kasih kabar, ya? Telepon atau berkirim surat, terserah Kak Ayu.

Tapi keputusan Kak Ayu ditunggu secepatnya. Agar ayah dan ibu dapat segera mengurus segala sesuatunya. Ya seperti hotel, tiket kereta, atau lainnya.

Adik tunggu ya kabar dari Kak Ayu, oke?

Wassalamualaikum wr. wb.

Adindamu

Herdin Bena Wardana


Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

23 Januari 2021

Yth. Ibu tercinta
di Bali

Salam sejahtera,

Halo, Ayah! Bagaimana kabarnya? Baik-baik aja, bukan? Semoga Ibu sehat-sehat selalu dalam menjalankan tugas.

Yah, maafkan Juan. Pada waktu ibu menelepon ke rumah, Juan sedang belajar di rumah Anna.

Yah, saya dan semua orang di rumah kangen sekali kepada ibu. Kapan pelatihan tugas ibu di Bali selesai? Kalo ibu pulang, jangan lupa belikan sepatu dan tas baru buat Juan.

Ibu, seminggu lagi, Juan akan mengikuti tes semester pertama. Doakan Juan supaya dapat menjawab semua soalnya. Juan sih, ingin jadi juara kelas seperti Anna. Jangan lupa lo, Yah, doanya!

Sampai di sini dulu ya, Yah.

Peluk cium Ananda,

Juan Septian


Contoh Surat Permohonan Pribadi Cuti Kerja

Contoh Surat Permohonan Pribadi Cuti Kerja

Jakarta, 13 Februari 2021

Kepada
Yth. Bapak Kepala SMA 1 Jakarta
di
Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :

  • Nama : Rangga Aditya Prasetyo
  • Jabatan : Staff TU

Mengajukan permohonan izin tidak dapat bekerja, karena akan melangsungkan pernihakan.

Bersama surat ini, saya memohon cuti bekerja selama 2 minggu penuh, mulai dari tanggal 20 Februari 2021 hingga tanggal 03 Maret 2021.

Demikian surat permohonan ini saya buat, semoga Bapak berkenan memberikan izin. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih

Hormat Saya,

Rangga Aditya Prasetyo


Contoh Surat Somasi Pribadi

Contoh Surat Somasi Pribadi

Nomor : 05/10/Ls/UP2019

Hal : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Bapak. Ir. Bani Nulyana

Jln. Gunung Sari No. 245, Bandung

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami menyampaikan surat somasi pertama berupa pelanggaran hak sewa bangunan sesuai dengan yang tertera dalam surat perjanjian bernomor 21/65.37/2019 per tanggal 13 Desember 2021 mengenai sewa ruko tingkat 4 yang ada di area

Kompleks : Perumahan Alam Galaxy

Luas bangunan : 700 meter persegi

Sebagaimana yang telah tertuang dalam perjanjian sewa bahwa bahwa klien kami berkewajiban melunasi pembayaran sewa sebesar Rp 70.000.000 (tujuh puluh juta rupiah) untuk sewa selama satu tahun. Dengan begitu, klien kami telah melaksanakan kewajiban yang tertuang di dalam akad sewa. Tapi, hingga 17 Maret 2021 saudara belum melakukan kewajiban berupa penyerahan gedung sehingga menyebabkan wanprestasi.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, klien kami mengajukan waktu untuk saudara menyerahkan gedung ruko selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah surat somasi pertama diterbitkan. Apabila hingga tujuh hari saudara tidak melaksanakan kewajiban maka kami akan menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan persoalan ini.

Demikian semoga menjadi perhatian.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

Aditya Rangga, SH, MH


Contoh Surat Permohonan Pribadi ke Instansi

Contoh Surat Permohonan Pribadi ke Instansi

Hal : Surat Permohonan Magang
Lampiran : 1 Lembar

Yth.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bali
Ibu Dra. Nora Alexandra
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Aditya Rangga
Jenis kelamin : Laki-laki
Tempat/tanggal lahir : Bali, 4 Juni 1994
Pendidikan : Semester II Jurusan S1 -Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Adayana, Bali.

Sehubungan dengan kebutuhan pribadi terkait dengan pengalaman kerja saya, dimana dalam hal ini saya membutuhkan tempat untuk magang.

Maka, bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan magang di Instansi Pemerintahan yang Ibu pimpin.

Adapun jika permohonan saya terima, maka saya masuk mulai tanggal 17 Mei 2021.

Demikian surat permohonan magang ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terima kasih.

Bali, 5 April 2021

Hormat Saya,

Aditya Rangga


Itulah pembahasan lengkap mengenai contoh surat pribadi diatas. Gimana? Mudah dipahami kan?

Oiya, kalo ada kekurangan atau pertanyaan lainnya, langsung tulis aja dikolom komentar dibawah ini yak!

Semoga pembahasan diatas membantu dan bermanfaat buat kalian semua 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 2 Average: 5]
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 19 Mei 2021 - Published : 16 Februari 2021