Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris memang diperlukan di era modern ini. Terlebih semakin bermunculannya perusahaan multinasional. Hal inilah yang menggerakkan pencari kerja untuk melamar di perusahaan tersebut. 

Artikel ini bakal bantu kamu yang bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris, yuks langsung simak aja.


Format Surat Lamaran Kerja

Tidak semua perusahaan menunjukkan bagaimana membuat format surat lamaran yang tepat ketika membuka lowongan kerja. Namun, Kamu bisa melihatnya secara garis besar, kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Berikut beberapa poin penting dalam format surat lamaran kerja bahasa Inggris:

1. Informasi Kontak (Contact Information)

Bagian ini merupakan salah satu yang paling krusial. Sayangnya, masih ada saja pencaker yang melewatkan bagian penting ini. Padahal, adanya informasi kontak adalah agar HRD atau personalia dapat menindaklanjuti surat lamaran Anda. 

Oleh karena itu, bagian ini harus dimasukkan dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris. Apa saja yang perlu dicantumkan dalam informasi kontak? Hal ini meliputi nama lengkap pelamar, alamat, email, dan tentunya nomor HP.

Meskipun pada beberapa bagian tersebut sudah terlampir di data diri, Kamu tetap perlu menyertakannya untuk mempermudah pihak rekrutmen. 

2. Salam

Salam yang dibuat dalam cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris harus dibuat singkat dan profesional. Mungkin Kamu tidak menyangka bahwa hal ini bisa menunjukkan niat dan keseriusan pelamar di mata HRD.

Ketika Kamu menuliskan surat lamaran bahasa Inggris, biasanya salam langsung ditujukan dengan menyebut nama pihak rekrutmen.

Sebaiknya hindari salam seperti “Hello” atau “To Whom It May Concern”.

Kata atau kalimat tersebut mungkin Kamu pernah melihatnya di beberapa surat lamaran. Padahal, kalimat tersebut dinilai terlalu santai dan kurang profesional di mata rekrutmen.

Sebaiknya buat kalimat salam dan sapaan dengan langsung memanggil nama, misalnya “Hi, Mrs. Alexa”.

3. Pembukaan

Bagian ini perlu diperhatikan karena bisa menjadi bagian yang membuat pihak HRD merasa terkesan. Tak jarang pembukaan surat lamaran yang menarik membuat HRD memprioritaskan Kamu dibanding yang lain. 

Kalimat pembuka yang baik bisa menunjukkan kepribadian tanpa mengabaikan sikap profesional ketika melamar kerja. Pastikan kalimat yang Kamu gunakan menggambarkan kesungguhan untuk menempati posisi yang dibutuhkan. 

4. Badan Surat

Pada bagian ini, pelamar tidak hanya diminta untuk menuliskan perjalanan karir atau pengalaman kerja saja.

Kamu perlu menyebutkan skill atau kemampuan seperti apa yang dimiliki, sehingga dinilai pantas menempati posisi yang dicari. 

Anda bisa menjelaskannya secara detail dan ringkas. Ceritakanlah pula pengalaman sukses atau penghargaan yang pernah didapatkan.

Intinya, mengisi badan surat adalah dengan menunjukkan kemampuan pelamar untuk menjual kualitas dirinya pada perusahaan. 

Hal ini penting diperhatikan agar pihak perusahaan bisa menyimpulkan bahwa Kamu adalah orang yang dibutuhkan.

Jika memungkinkan, Kamu bisa menuliskan sasaran yang ingin diraih, apabila diterima di  perusahaan yang dituju.

5. Penutup

thumbnail Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Sebagai bagian akhir surat lamaran, penutup perlu dibuat dengan informatif dan sederhana. Jika Kamu melampirkan beberapa dokumen persyaratan, penutup bisa dicantumkan di bagian ini. 

Mungkin Kamu pernah melihat surat lamaran kerja bahasa Inggris yang memakai penutup “I’m really looking forward to hearing back”. Padahal, hal tersebut memiliki kesan pasrah dan putus asa di mata rekrutmen. 

Dibanding menggunakan kalimat tersebut, Kamu bisa memperjelasnya dengan penutup “I’m really looking forward to finding out if I’m a good match for the position”. Di akhir kalimat, Kamu bisa menambahkan kata “Sincelery” atau “Yours” sebelum mencantumkan nama.

Jika kamu masih bingung, kamu bisa simak deh contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, dengan begitu kamu bakal punya referensi lebih banyak tentang surat lamaran dengan bahasa Inggris.


Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik

Pelamar tidak hanya perlu memperhatikan format penulisan, melainkan juga beberapa trik membuat surat lamaran kerja. Tips berikut ini dapat membantu Kamu agar lamaran yang ditujukan dapat dilirik pihak HRD:

1. Gunakan Grammar Yang Tepat

Gunakanlah grammar atau tata bahasa Inggris yang tepat. Beberapa pelamar mengabaikan grammar saat membuat surat lamaran. Padahal, hal ini sangat penting diperhatikan agar surat lamaran Kamu bisa menarik di mata HRD sejak kesan pertama. 

Menuliskan lamaran dengan grammar yang berantakan bisa menunjukan kepribadian pelamar yang kurang profesional. Padahal, grammar sangat penting dalam penulisan surat lamaran kerja.

Oleh karena itu, mengecek penulisan yang tepat ketika membuat lamaran kerja sangat diperlukan.

2. Menulis dengan Kalimat yang Sopan

Seperti yang telah diketahui, penilaian HRD terhadap pelamar bisa dimulai dari cara penulisan surat lamaran. Oleh karena itu, gunakanlah kalimat yang sopan dan profesional.

Hindari kata-kata kurang pantas yang pada dasarnya bisa menjadi boomerang bagi pelamar itu sendiri. 

3. Usahakan Menulis dengan Rapi dan Mudah Dipahami

Menulis surat lamaran kerja memang sekilas nampak sepele. Namun, hal ini tidak boleh Kamu lakukan dengan asal-asalan. Termasuk dalam penulisannya, usahakan dilakukan dengan rapi dan mudah dibaca. 

Jika dari tulisan saja susah dipahami, bagaimana pihak HRD mengetahui informasi mengenai pelamar? Kamu bisa download surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk mengetahui bagaimana penulisan lamaran yang baik dan benar.

4. Lengkapi Persyaratan yang Dibutuhkan

Hal ini tentunya sangat krusial dan bisa menjadi salah satu penentu status lamaran kerja Anda. Pelamar harus melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, terlebih jika pihak perusahaan sudah menentukan dokumen apa saja yang diperlukan.

Cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas memang perlu diperhatikan pencari kerja. Mengingat persaingan kerja saat ini, membuat lamaran yang baik dan benar merupakan suatu keharusan.

Termasuk ketika Kamu melamar kerja di perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris.

Tapi kamu juga bisa simak artikel cara membuat surat lamaran kerja bahasa Indonesia, jika memang kamu membutuhkan referensi surat lamaran kerja bahasa Indonesia.

Jangan lupa juga etika mengirim email lamaran kerja ya!