Biogeografi

Bagi kalian mendengar kata biologi atau geografi pasti sudah tidak asing, tapi apakah kalian pernah mendengar kata biogeografi?

Jika belum, artikel ini sangat tepat untuk kamu baca.

Biogeografi adalah suatu cabang ilmu biologi yang membahas tentang persebaran flora dan fauna di muka bumi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti: suhu, curah hujan, topografi, jenis tanah, iklim, kelembaban udara, sinar matahari, dll.

Nah, agar lebih memahami pengertian biogeografi, berikut telah kami rangkumkan beberapa pendapat ahli.

Pengertian Biogeografi Menurut Para Ahli

gambar penguin, fauna antarktika

1. Alfred Russel Wallace

Ilmu Biogeografi adalah ilmu tentang bagaimana penyebaran spesies-spesies (hewan dan tumbuhan) di permukaan Bumi dan bagaimana penyebaran itu terjadi.

2. Michael Ritter

Biografi adalah ilmu yang mempelajari pola (secara) geografi tentang tumbuhan dan hewan agar dapat diketahui persebaran hewan dan tumbuhan tersebut di permukaan bumi berdasarkan ilmu ekologi dan ekosistem.

3. Darlington

Biogeografi adalah ilmu pengetahuan yang sebagian besar berhubungan dengan hewan-hewan dan tumbuhan atau bagian khusus (terpenting) dari dunia hewan dan tumbuhan dengan kondisi dan keadaannya yang ada di permukaan bumi beserta penyebarannnya dan aspek-aspek yang mempengaruhi penyebaran tersebut misalnya keadaan iklim, tumbuh-tumbuhan, keadaan geologisnya, dll.

Jenis-Jenis Biogeografi di Dunia

fauna afrotopika

1. Australasia

Kawasan biogeografi Australasia merupakan zona yang berbatasan dengan kawasan biogeografi Indomalaya.

Wilayah yang termasuk kedalam kawasan ini adalah Australia, Selandia Baru, dan Beberapa wilayah di Indonesia, seperti: Papua, Sulawesi, Maluku, Lombok, Sumba, Flores dan Timor.

Flora dan Fauna di kawasan ini meliputi, berbagai macam jenis burung, seperti cedrawasih, mamamlia berkantong seperti koala, kanguru.

2. Indomalaya

Kawasan biogeografi Indomalaya tersebar dari Asia Selatan hingga Asia Tenggara.

Berikut adalah negara yang termasuk ke dalam kawasan Indomalaya, Afghanistan hingga Cina Selatan dan beberapa wialyah di Indonesia seperti, Sumatra, Jawa, dan Bali.

Untuk Flora dan Fauna pada wilayah ini meliputi mamalia besar seperti, harimau, gajah, tapir, rusa, badak, dll.

3. Antarktika

Kawasan biogeografi Antarktika meliputi seluruh benua Antarktika dan beberapa kepulauan di Samudra Hindia dan Atlantik.

Hampir semua wilayah yang masuk kedalam kawasan ini memiliki suhu yang dingin dan kelembaban udara yang kering.

Di kawasan ini hanya terdapat beberapa jenis tumbuhan dan hewan yang bisa berkembang. Seperti, anjing laut, penguin, tundra, lichen, lumut, dan alga.

4. Afrotopika

Kawasan biogeografi Afrotopika meliputi berbagai wilayah di benua Afrika. Mulai dari Jazirah Arab, Kepulauan Madagaskar, Iran Selatan, Pakistan Barat Daya, dan kepulauan di Samudra Hindia.

Jenis Flora dan Fauna pada wilayah ini meliputi: tikus mondok, aardvark, macroscelidea, burung unta. sunbird, mousebird, pohon darah naga, pohon baobab, hydnora Africana, dll.

5. Nearktika

Kawasan biografi Nearktika adalah wilayah yang termasuk kedalam benua Amerika bagian utara.

Zona Nearktik dibagi menjadi 4 bagian yaitu, Western North Amerika, Canadian Shield, Eastern North America, dan Northern Mexico-Southwestern.

Untuk jenis flora dan fauna kawasan Nearktika yaitu; rubah, serigala, burung wrentits, kuda, dan tapir.

6. Neotropika

Kawasan yang termasuk kedalam biogeografi Neotropika adalah seluruh zona tropis di Amerika dan zona iklim sedang di Amerika Selatan.

Ciri utama dari kawasan biogeografi ini adalah memiliki jenis ikan terbanyak di dunia.

Selain memikiki jenis spesies terbanyak dibandingkan dengan kawasan lain, flora dan fauna di neotropika juga terdiri dari 31 jenis burung endemik, armadilo, kukang, capybara, possunm, dll.

7. Paleartik

Kawasan biogeografi Paleartik meliputi benua Eropa, benua Asia bagian utara pegunungan Himalaya, Afrika Utara, serta Sebagian wilayah Arab.

Hal ini yang menjadikan Paleartik menjadikan kawasan biogeografi terluas dibandikan dengan kawasan yang lainnya.

Jenis flora dan fauna pada wilayah ini yaitu: beruang grizzli, bison, elk, rusa, dan reinder.

8. Oseania

Kawasan biogeografi yang terakhir adalah Oseania. Kawasan ini merupakan biogeografi yang sangat unik, pasalnya wilayah yang termasuk kedalam biogeografi ini terdiri dari ribuan pulau.

Wilayah yang termasuk kedalam biogeografi Oseania adalah kepulauan Fiji, Hawai, Micronesia, dan Polynesia.

Selain itu, flora dan fauna yang ada di kawasan ini memiliki kemmiripan dengan Indomalaya, Amerika Selatan dan Australasia.


Nah demikian adalah pembahasan mengenai Biogeografi, semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kalian.


Daftar Pustaka

Indrawan, Mochammad, dkk. 2012. Biologi Konsevasi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Quammen,David. 1996. The song of Dodo: Island Biogeography in an age of extinctions. New York : Pub Scribner. (ISBN 0-684-80083-7)

Avatar
Titan Hermawan

Mahasiswa pendidikan ekonomi yang ahli mata pelajaran Geografi tingkat SMA dan pernah ditunjuk untuk mengikuti OSN Geografi

Update : 5 September 2020 - Published : 9 Juli 2020

       

Tinggalkan komentar