Rumus NETWORKDAYS.INTL Excel

Apa sih, yang dimaksud dengan fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel itu?

Penasaran, fungsi dan penggunaan rumusnya gimana? Makanya, langsung simak ulasannya yuk!


Pengertian dan Kegunaan Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel

Pengertian dan Kegunaan Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel

Fungsi Networkdays.Intl seperti fungsi Networkdays yaitu sama-sama menghitung jumlah hari kerja efektif diantara 2 tanggal.

Bedanya, kalo pada Networkdays akhir pekan selalu jatuh pada hari Sabtu dan Minggu.

Sedangkan, kalo pada Networkdays.Intl kamu bisa mengatur parameter akhir pekan sesuai dengan kebutuhan.

NOTE: Fungsi NETWORKDAYS.INTL cuma tersedia buat Microsoft Excel versi 2020 keatas.


Cara Menggunakan Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel

Cara Menggunakan Fungsi NETWORKDAYS.INTL Excel

Berikut dibawah ini, cara buat menggunakan fungsi Tanggal dan Waktu NETWORKDAYS.INTL pada rumus Excel, yaitu:

NETWORKDAYS.INTL(Tanggal_Awal; Tanggal_Akhir; [Akhir_Pekan]; [Hari_Libur])

Keterangan:

  • Tanggal_Awal : Yaitu diisi dengan tanggal mulai kerja yang akan dihitung.
  • Tanggal_Akhir : Yaitu diisi dengan tanggal selesai kerja yang akan dihitung.
  • [Akhir_Pekan] : Yaitu diisi dengan kode akhir pekan yang kamu ingin abaikan dari hari kerja.
  • [Hari_Libur] : Yaitu range data atau konstanta array yang berisi satu atau beberapa nomor seri tanggal libur kerja. Argument ini bersifat Opsional, jadi boleh dikosongkan kalo emang gak ada tanggal-tanggal libur kerja yang akan diabaikan.

Pada fungsi Networkdays.Intl, argumen akhir pekan juga bersifat Opsional atau boleh dikosongkan.

Kalo gak diisi, maka fungsi ini akan bekerja seperti fungsi Networkdays yang menganggap hari Sabtu dan Minggu sebagai akhir pekan.

Baca juga : Fungsi Tanggal dan Waktu EDATE Excel

Parameter akhri pekan ini bisa kamu isi dengan kode angka 1-17 yang menunjukkan pada hari apa aja akhir pekan diterapkan atau kapan pekerja yang kamu hitung gak masuk kerja.

KODEAKHIR PEKAN
1Sabtu, Minggu
2Minggu, Senin
3Senin, Selasa
4Selasa, Rabu
5Rabu, Kamis
6Kamis, Jumat
7Jumat, Sabtu
11Minggu
12Senin
13Selasa
14Rabu
15Kamis
16Jumat
17Sabtu

Selain memakai kode akhir pekasn diatas, kamu juga bisa mengatur parameter akhir pekan dengan 7 karakter string teks berupa gabungan teks angka 1 dan 0 yang mewakili hari Senin-Minggu.

Angka 1 ini mewakili hari libur. Sedangkan, kalo angka 0 ini mewakili hari masuk kerja.

Baca juga : Fungsi Tanggal dan Waktu EOMONTH Excel

Misalnya buat akhir pekan atau hari libur Sabtu dan Minggu kode string yang dipakai yaitu 0000011.

Sedangkan, buat yang masuk kerja hanya hari Senin, Selasa dan Kamis (Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu libur), maka kode stringnya yaitu 0010111.


Contoh Penggunaan Rumus NETWORKDAYS.INTL Excel

Berikut dibawah ini, ada contoh penggunaan rumus atau fungsi tanggal dan waktu NETWORKDAYS.INTL pada Excel, yaitu:

Contoh Penggunaan Rumus NETWORKDAYS.INTL Excel

Rumus contoh pertama:

=NETWORKDAYS.INTL(C2;D2)

Pada rumus pertama, fungsi Networkdays.Intl menghitung jumlah hari kerja efektif antara tanggal 1 Agustus 2017 sampai 30 Sepetmber 2017.

Dengan menganggap hari Sabtu dan Minggu sebagai akhir pekan, dimana para pekerja gak masuk aktif bekerja.

Rumus contoh kedua:

=NETWORKDAYS.INTL(C2;D2;11)

Pada rumus kedua, parameter 11 menetukkan hari akhir pekan sebagai hari Minggu aja.

Rumus contoh ketiga:

=NETWORKDAYS.INTL(C2;D2;”0000011″)

Nah buat rumus diatas, hari kerja dihitung dengan mengecualikan hari Sabtu dan Minggu dengan memakai parameter kode string teks.

Rumus contoh keempat yaitu:

=NETWORKDAYS.INTL(C2;D2;11;A2:A4)

Buat rumus ini, hari kerja efektif dihitung berdasarkan rentang tanggal 1 Agustus 2017 sampai 30 September 2017 dan menguranginya dengan jumlah hari Minggu pada rentang itu dan sejumlah ahri libur yang ditentukan pada range A2:A4.


Gimana pembahasan tentang rumus tanggal dan waktu NETWORKDAYS.INTL Excel diatas tadi? Sangat mudah dipahami kan? Semoga bisa bermanfaat dan membantu.

Jangan lupa tulis komentarnya dibawah ini dan share ke teman-teman kalian semua yak 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 5 April 2021 - Published : 24 November 2020