Doa Pembuka Majelis

Doa pembuka majelis biasa dibacakan saat ia akan memulai majelis taklim, pengajian, maupun khotbah. Membaca doa majelis penting dilakukan agar dilancarkan dan mendapat Ridho Allah SWT.

Adalah diketahui, Doa Pembuka Majelis ini adalah satu bentuk munajat kepada Allah SWT supaya peristiwa atau pertemuan yang berlangsung berjalan lancar tanpa halangan dan dijauhkan daripada bahaya.

Biasanya doa majelis ini bermula dengan mengatakan khutbatul hajah. Bacaan Khutbatul hajah sering dilakukan oleh Nabi (SAW) pada pelbagai kesempatan.

Nah, di sini adalah kami berkongsi dengan anda doa-doa pembukaan Majelis yang lengkap dengan bacaan Rumi dan juga makna yang boleh dikatakan semasa majelis taklim, pengajian, atau khotbah.

Mari kita mulakan . . .

Doa Pembuka Majelis Ilmu

Berikut adalah bacaan doa pembukaan majelis ilmu yang boleh anda baca:

Doa pembuka majelis arab:

الْحَمْدُلِلَّه رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Bacaan dalam Rumi:

“Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.”

Maksudnya:

“Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Semoga shalawat dan keselamatan sentiasa dicurahkan kepada Nabi dan Rasul yang paling mulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.”


Doa Pembuka Majelis Taklim

Terdapat juga doa pembuka majelis sunnah yang dipetik dari buku “Koleksi Doa Harian untuk Pembentukan Watak Kanak-kanak” oleh Mochamad Soleh:

Doa Pembuka Majelis Taklim:

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ. ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ

Bacaan dalam Rumi:

Innal hamda lillaah nahmaduhu wa nasta’iinuhu wa na’uudzu billahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalinaa man yahdihillaahu falaa mudhilla lah, wa man yudhlilhu falaa haadiya lah. Asyhadu allaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh.”

Maksudnya:

“Segala puji bagi Allah yang hanya kepada-Nya kita meminta pertolongan dan meminta ampun. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan dan kejahatan praktek kita. Barangsiapa yang diperintahkan oleh Allah, maka tidak ada sesiapapun yang dapat menyesatkannya, dan sesiapa yang sesat dari jalan Allah, maka tidak ada sesiapapun yang dapat memberinya petunjuk. Dan aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, yang tidak menjadi sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya.”


Doa Pembuka Pengajain

Selain dua doa diatas, terdapat juga beberapa doa untuk membuka majelis yang biasanya dibaca ketika membuka Majelis Pengajian.

Berikut adalah doa biasa untuk membuka majelis pengajian:

الْحِمْدُلِلَّهِ الأَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ . وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ\

Bacaan dalam Rumi:

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.”

Maksudnya:

“Segala puji bagi Yang Maha Kuasa yang telah memberikan nikmat yang terbaik dalam bentuk iman dan Islam. Doa keselamatan saya sentiasa diberikan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.”


Doa Pembuka Khotbah

Doa pembukaan majelis atau khutbah adalah pelbagai.

Berikut adalah doa yang boleh anda baca semasa membuka khutbah:

الْحَمْدُلِلَّهِ وَ السَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللذَهش سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدِبْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَمَّا بَعْدَهُ

Bacaan dalam Rumi:

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.”

Maksudnya:

“Puji syukur kepada Allah, doa shalawat serta keselamatan semoga selalu dicurahkan kepada Rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.”


Doa Penutup Majelis

Di samping doa pembukaan majelis kami juga digalakkan untuk membaca doa penutup majelis atau doa pembuka kafaratul majelis, untuk bentuk kesyukuran kami kepada Allah swt atas segala kemudahan dan rahmat yang diberikannya.

Berikut doa kafaratul majelis yang di ajar oleh Rasulullah SAW:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Bacaan dalam Rumi:

“Subhaanakallohumma wa bihamdika, asy-hadu alla ilaha illa anta, as-tagh-firuka wa atuubu ilaik.”

“Ya Allah, dan dengan memuji Engkau, aku bersaksi bahawa tidak ada pengorbanan bahawa tidak ada pengorbanan yang layak disembah selain engkau. Aku meminta ampun kepadamu dan aku bertaubat kepadamu; kecuali diampuni baginya dosa-dosa perhimpunannya.”


Nah, itu adalah sebahagian daripada doa pembukaan majelis dan serta doa kafaratul majelis yang lengkap dengan makna dan bacaan rumi yang boleh diamalkan. Semoga Allah (SWT) melancarkan dan memberkati semua amalan baik kita semua.

Categories Doa

Leave a Comment