Fungsi Tanggal dan Waktu DATEDIF Excel

Fungsi DATEDIF dipakai dalam perhitungan Excel terutama buat menghitung masa kerja dan menghitung umur seseorang.

Ingin tahu, cara menggunakannya bagaimana? Makanya, langsung simak aja yuk ulasannya!


 

 

Pengertian dan Kegunaan Fungsi DATEDIF Excel

Pengertian dan Kegunaan Fungsi DATEDIF Excel

Apa itu fungsi DATEDIF Excel? Jadi, Fungsi DATEDIF Excel merupakan

Salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang dipakai buat menghitung selisih tanggal dalam satuan hari, bulan, atau tahun.

Fungsi DATEDIF Excel bisa kamu pakai buat menghitung jumlah tahun, bulan, atau hari diantara dua tanggal yang udah ditentukan.

Selain itu, fungsi DATEDIF juga bisa dipakai buat menghitung umur atau menghitung masa kerja di Excel

Saat mengetikkan =DATEDIF, kamu gak akan menemukan fungsi atau rumus DATEDIF dalam daftar fungsi atau rumus Excel.

Baca juga : Fungsi Teks EXACT Excel

Meski fitur Intellisense atau Auto Complete gak memunculkan fungsi DATEDIF, bukan berarti Excel kamu bermasalah atau fungsi DATEDIF gak ada dan gak bisa kamu pakai.

Pada dasarnya, fungsi DATEDIF yaitu Fungsi Excel yang disediakan buatk kompatibilitas dengan Lotus 1-2-3, dan masih bisa dipakai pada semua versi Excel termasuk Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016 atau versi yang lebih baru.

Jadi, untuk mengaktifkan fungsi DATEDIF yang gak ada pada menu insert function, kamu harus mengetikkan rumus DATEDIF ini secara manual dengan mengetikkan langsung nama fungsi pada formula bar atau cell aktif dimana kamu akan memakai rumus excel ini.

NOTE:

Kalo rumus DATEDIF yang kamu pakai menghasilkan error #NAME, kemungkinan kamu salah menuliskan nama fungsinya. Yang benar yaitu “DATEDIF” dan bukan “DATEIF”.


 

 

Cara Menggunakan Fungsi DATEDIF Excel

Cara Menggunakan Fungsi DATEDIF Excel

Gimana sih, cara menggunakannya? Berikut ini rumus DATEDIF Excel:

DATEDIF(TglAwal;TglAkhir;KodeSatuan)

Keterangan:

  • TglAwal : Diisi dengan tanggal awal dimulainya periode tanggal atau tanggal yang lebih dulu.
  • TglAkhir : Diisi dengan tanggal akhir periode atau tanggal terakhir yang akan dihitung.
  • KodeSatuan : Diisi dengan kode informasi yang ingin kamu dapatkan. Silahkan lihat pada bagian berikutnya buat kode-kode yang bisa kamu pakai pada fungsi excel DATEDIF ini.

 

 

Kode Satuan Fungsi DATEDIF Excel

Kode Satuan Fungsi DATEDIF Excel

Argumen KodeSatuan pada fungsi atau rumus Excel DATEDIF yang bisa kamu pakai buat mendapatkan informasi selisih tanggal di Excel yaitu sebagai berikut ini:

KodeKeterangan
“Y”Menghasilkan jumlah total Tahun yang udah berlalu diantara dua tanggal.
“M”Menghasilkan jumlah total Bulan yang udah berlalu diantara dua tanggal.
“D”Menghasilkan jumlah total Hari diantara dua tanggal.
“MD”Menghasilkan selisih Hari dalam TglAwal dan TglAkhir. Selisih Bulan dan Tahun dari tanggal diabaikan.
“YM”Menghasilkan selisih Bulan dalam TglAwal dan TglAkhir. Selisih Hari dan Tahun dari tanggal diabaikan.
“YD”Menghasilkan selisih Hari dalam TglAwal dan TglAkhir. Selisih Tahun dari tanggal diabaikan.

 

 

Contoh Penggunaan Rumus DATEDIF Excel

Berikut dibawah ini, ada contoh penggunaan rumus atau fungsi DATEDIF Excel, yaitu:

Contoh Penggunaan Rumus DATEDIF Excel

Pada contoh pertama, rumus Excel DATEDIF yang dipakai yaitu seperti ini:

=DATEDIF(B3;C3;”Y”)

Kode “Y” pada rumus datedif itu dipakai buat menghitung jumlah tahun yang udah genap dilalui diantara tanggal 01 Januari 2019 dan 13 Maret 2023. Hasilnya yaitu 4.

Pada contoh kedua, rumus Excel DATEDIF yang dipakai yaitu seperti ini:

=DATEDIF(B4;C4;”M”)

Kode satuan “M” yang dipakai buat menghitung selisih tanggal dalam satuan bulan yang udah genap dilalui diantara tanggal 01 Januari 2019 dan 13 Maret 2023. Hasilnya yaitu 50.

Pada contoh ketiga, rumus Excel DATEDIF yang dipakai yaitu seperti ini:

=DATEDIF(B5;C5;”D”)

Kode satuan “D”, yaitu kode satuan pada fungsi DATEDIF yang dipakai buat menghitung jumlah hari yang udah dilalui diantara tanggal 01 Januari 2019 dan 13 Maret 2023. Hasilnya yaitu 1532.

Pada contoh keempat, rumus Excel DATEDIF yang dipakai yaitu seperti ini:

=DATEDIF(B6;C6;”MD”)

Kode “MD”, dipakai buat mendapatkan selisih tanggal dalam satuan hari diantara tanggal 01 Januari 2019 dan 13 Maret 2023 setelah dikurangi tahun dan bulan yang udah genap dilalui.

Jadi dengan menggunakan kode ini, Selisih tahun dan bulan diabaikan. Hasil akhirnya yaitu 12.

Pada contoh kelima, rumus Excel DATEDIF yang dipakai yaitu seperti ini:

=DATEDIF(B7;C7;”YM”)

Kode satuan “YM” yang dipakai buat mendapatkan selisih bulan diantara tanggal awal dan akhir dengan mengabaikan nilai tahun yang udah genap dilalui dan jumlah sisa hari diantara 2 tanggal tersebut. Hasilnya yaitu 2.

Pada contoh keenam, rumus Excel DATEDIF yang dipakai yaitu seperti ini:

=DATEDIF(B8;C8;”YD”)

Kode satuan “YD”, yaitu kode yang dipakai buat menghitung selisih tanggal dalam satuan hari dengan mengabaikan nilai tahun yang sudah genap dilalui. Hasilnya yaitu 71.


 

 

Catatan Penggunaan Fungsi DATEDIF Excel

Catatan Penggunaan Fungsi DATEDIF Excel

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memakai fungsi DATEDIF Excel ini, diantaranya yaitu:

1. Pertama

Kalo Rumus DATEDIF yang kamu pakai menghasikan error #Name?, mungkin kamu salah menuluiskan fungsi.

Karena, fungsi ini gak muncul sebagai autocomplete saat menuliskan rumus bisasanya pengguna excel salah menuliskan fungsi ini sebagai DATEIF yang seharusnya ditulis DATEDIF.

 

2. Kedua

Kalo nilai Argumen TglAwal Lebih besar daripada TglAkhir, maka rumus Datedif akan menghasilkan nilai error #NUM!.

Kesalahan tersebut juga sering aku temukan, dimana argumen tanggal yang dimasukkan terbalik.

 

3. Ketiga

Sebaiknya kamu gak memakai kode satuan “MD”.

Karena, pada laman resmi microsoft, kode ini mungkin akan menghasilkan nilai angka negatif, nilai nol, atau hasil yang gak akurat.


Gimana penjelasannya? Sangat mudah dipahami kan? Semoga bermanfaat sobat cerdika 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 0 Average: 0]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 20 November 2020 - Published : 20 November 2020