Rumus MATCH Excel

Apa sih, yang dimaksud dengan fungsi MATCH Excel? Jadi,

Fungsi MATCH Excel yaitu dipakai buat mencari posisi suatu nilai pada suatu range yang ada pada sebuah kolom atau baris, tapi gak dua-duanya.

Dengan kata lain, fungsi MATCH mencari item tertentu di rentang sel, lalu menghasilkan posisi relatif item tersebut dalam rentang (range).

Fungsi MATCH Excel ini merupakan kebalikan dari Rumus INDEX Excel.

Kalo fungsi INDEX yaitu buat mencari nilai berdasarkan informasi posisi kolom dan baris tertentu. Maka, fungsi MATCH menghasilkan nilai posisi relatif dari suatu nilai yang kamu cari.

Ingin tahu, cara penggunaan rumus MATCH Excel itu gimana? Yuk simak ulasan dibawah ini!


 

Cara Menggunakan Rumus MATCH Excel

Cara Menggunakan Fungsi MATCH Excel

Berikut dibawah ini, cara buat menggunakan fungsi pencarian dan referensi MATCH pada rumus Excel, yaitu:

MATCH(lookup_value; lookup_array; [match_type])

Keterangan:

  • lookup_value : Diperlukan. Nilai yang ingin kamu cocokkan dalam lookup_array. Argumen lookup_value bisa berupa nilai (angka, teks, atau nilai logika) atau referensi sel ke angka, teks atau nilai logis.
  • lookup_array : Diperlukan. Rentang sel atau range data yang dicari.
  • match_type : Opsional. Bilangan -1, 0, atau 1. Argumen match_type menentukan gimana Excel mencocokkan lookup_value dengan nilai dalam lookup_array. Nilai default buat argumen ini adalah 1.
      • 1 atau dikosongkan : MATCH menemukan nilai terdekat yang lebih kecil dari atau sama dengan lookup_value. Nilai dalam argumen lookup_array harus disusun dalam urutan ascending (urutan naik/ kecil ke besar), contoh: …-2, -1, 0, 1, 2, …, A-Z, FALSE, TRUE.
      • 0 : MATCH menemukan nilai pertama yang sama persis dengan lookup_value. Nilai dalam argumen lookup_array dapat disusun dalam urutan apa saja.
      • -1 : MATCH menemukan terdekat yang lebih besar dari atau sama dengan lookup_value. Nilai dalam argumen lookup_array harus disusun dalam urutan descending (urutan turun/ besar ke kecil), misalnya TRUE, FALSE, Z-A, …2, 1, 0, -1, -2, …, dan seterusnya.

Catatan/Note:

  • MATCH gak membedakan antara huruf besar dan huruf kecil saat mencocokkan nilai teks.
  • Kalo MATCH gak berhasil menemukan kecocokan, maka mengembalikan nilai kesalahan #N/A.
  • Fungsi MATCH mengembalikan posisi nilai atau nomor urut dari nilai yang kamu cari dalam lookup_array, bukan nilai itu sendiri.
  • Kalo match_type sama dengan 0 dan lookup_value berupa string teks, kamu bisa memakai karakter wildcard berupa tanda tanya (?) dan tanda bintang (*) dalam argumen lookup_value. Tanda tanya (?) mencocokkan dengan karakter tunggal apapun, sedangkan tanda bintang (*) mencocokan dengan urutan karakter apapun.

 

Contoh Penggunaan Rumus MATCH Excel

Berikut dibawah ini, ada contoh penggunaan rumus atau fungsi pencarian dan referensi MATCH pada Excel, yaitu:

Contoh Penggunaan Rumus MATCH Excel

Coba perhatikan contoh diatas, nilai posisi yang dicari adalah angka 2 dan 7 dengan variasi ascending serta descending, urut acak dan jenis match tipe yang berbeda-beda.


Gimana pembahasan tentang rumus pencarian dan referensi MATCH Excel diatas? Sangat mudah dipahami kan? Semoga bisa bermanfaat dan membantu.

Jangan lupa tulis komentarnya dibawah ini dan share ke teman-teman kalian semua yak 😀

Beri konten ini 5 bintang dong
[Total: 1 Average: 5]
Avatar
Aditya Rangga

Pelajar yang insyaallah tidak pelit ilmu.

Update : 6 April 2021 - Published : 29 November 2020